Mohon tunggu...
kaekaha
kaekaha Mohon Tunggu... Unda Lakian Urang Banjar

... penikmat musik dan budaya nusantara, buku cerita, kopi nashittel (panas pahit kentel) serta kuliner berkuah kaldu ... ingin sekali keliling Indonesia! Email : kaekaha.4277@yahoo.co.id

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Alhamdulillah, Pagi Ini Banjir di Kalsel Mulai Surut Sekitar 10 cm

21 Januari 2021   08:33 Diperbarui: 21 Januari 2021   08:56 151 18 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Alhamdulillah, Pagi Ini Banjir di Kalsel Mulai Surut Sekitar 10 cm
Suasana Ruas A. Yani Km.6 (Minggu,17/1/21) | @kaekaha

Alhamdulillah, pagi hari ini (Kamis, 21/1/2021) banjir yang menggenangi kawasan Kota Banjarmasin, khususnya di sepanjang jalan A. Yani, sisi sebelah kiri menuju kearah luar kota semuanya mulai menunjukkan tanda-tanda menyurut, setelah lebih dari seminggu air dengan ketinggian bervariasi, mulai setinggi lintuhut  (lutut;bhs banjar) sampai pinggang  dan sebagian sampai dada orang dewasa merendam kawasan yang disebut-sebut sebagai etalase Kota 1000 Sungai dan juga Kalimantan Selatan ini.

Baca Juga:  Banjir Kalsel Terbesar Sejak 50 Tahun Terakhir, Mustahil Penyebabnya "Hanya" Curah Hujan!

Di seputar komplek Bunyamin km. 7,6 dan sekitarnya, termasuk jalan mahligai km.7,2 yang sempat menjadi salah satu titik terparah banjir di awal 2021 dan sempat mendapatkan perhatian dari musisi yang juga vokalis band D'Massive,  Rian  Ekky Pradipta yang sempat berbagi kebahagiaan bersama masyarakat di situ, ketinggian air sudah mulai berkurang rata-rata sekitar 10 cm.

Tanda Bekas Ketinggian Air di Dinding Pagar Rumah yang Terlihat Mulai Turun | @kaekaha
Tanda Bekas Ketinggian Air di Dinding Pagar Rumah yang Terlihat Mulai Turun | @kaekaha

Semuanya berkat pertolongan Allah SWT yang dalam 3 hari terakhir tidak menurunkan hujan lebat seperti hari-hari sebelumnya, selain berbagai upaya berbagai pihak yang berusaha keras untuk mengendalikan ketinggian dengan berbagai cara dan strategi.

Baca Juga: Bahan Pangan Langka, Ini Serunya Berburu Sayur-sayuran di Tengah Kepungan Banjir

Semoga, kabar baik yang sekaligus menjadi pemantik harapan masyarakat banua ini juga terjadi diberbagai kawasan lain di Kalimantan Selatan yang juga terdampak banjir, terlebih daerah-daerah dengan dampak terparah seperti di Pengaron-Kabupaten Banjar, Kota Pelaihari-Kab. Tanah Laut, Kota Barabai-Kab. Hulu Sungai Tengah dan lain-lainnya.

Terus Berdoa, Jangan Berputus Asa dari Rahmat Allah SWT | @kaekaha
Terus Berdoa, Jangan Berputus Asa dari Rahmat Allah SWT | @kaekaha

Penurunan ketinggian banjir yang baru terjadi setelah lebih dari seminggu mengurung dan merendam Kota Banjarmasin ini sangat patut untuk disyukuri, meskipun secara umum mungkin belum bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap recovery aktifitas masyarakat, khususnya terkait pemulihan aktifitas ekonomi yang sangat terpukul.

Seperti kita pahami bersama, dampak hantaman badai pandemi covid-19 di Kota Banjarmasin sampai saat ini sebenarnya masih menyisakan banyak pekerjaan rumah yang belum tuntas, sekarang datang lagi musibah banjir yang begitu masif dan dahsyat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN