Mohon tunggu...
Jumirah Jayanti
Jumirah Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

TB 1 Prof. Dr. Apollo Teori Akuntansi

8 April 2021   14:57 Diperbarui: 8 April 2021   15:03 67 2 0 Mohon Tunggu...

TB 1 Prof. Dr. Apollo

Teori Akuntansi

Disusun Oleh :

Jumirah Jayanti (43218010219)

            Akuntansi sudah ada sejak jaman dahulu, pada saat itu akuntansi memiliki bentuk yang sangat sederhana.  Hingga pada akuntansi modern saat ini  prinsip akuntansi bukan hanyalah mempertibangkan debit dan kredit yang harus seimbang, melainkan ilmu akuntansi memegang peranan yang sangat penting dari sebagai alat hitung sampai menjadi sumber informasi dalam pengambilan keputusan, tidak hanya itu ilmu akuntansi juga berfikir bagaimana tentang penerapannya sesuai dengan kaidah agama.

            Akuntansi sebagai teknologi, suatu proses perekayasaan mengenai penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif suatu unit usaha/organisasi dan sebuah informasi tersebut disampaikan kepada pihak yang berkepentingan.  Organisasi maupun lembaga pemerintahan menggunakan teknologi ini untuk dijadikan sebagai pedoman dalam mengendalikan dan mengukur sebuah kegiatan dan pengambilan keputusan yang tepat dalam lingkupnya.

            Dipandang sebagai teknologi, akuntansi bersifat utlitarian dan dapat memanfaatkan ilmu lain untuk perekayasaan dalam pembuatan laporan keuangan seperti misalnya memanfaatkan properitas albajar, psikologi, linguistika dan teori komunikasi yang dikemas menjadi sebuah teknologi.

            Akuntansi dirancang untuk memperlancar analisa ekonomi dan oleh karena itu akuntansi berfungsi sebagai teknologi untuk kepentingan kebijakan.  Akuntansi lebih dekat dengan teknologi dibandingkan ilmu, karena tidak memiliki sifat-sifat ilmu secara pasti sehingga pengetahuan akuntansi dapat dikembangkan sesuai dengan sifat tekonologi agar mempunyai manfaat dan pengaruh yang nyata dalam kehidupan sosial.

Karakteristik teknologi, yaitu :

  • Perangkat pengetahuan untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat.
  • Pengetahuan ilmiah digunakan sebagai pemecahan masalah nyata yang dihadapi sesuai dengan budaya dan nilai yang dianut.
  • Perekayasaan melekat pada proses pemikiran untuk mementukan cara agar menghasilkan output yang terbaik.

Karakteristik akuntansi sebagai teknologi, yaitu :

  • Perekayasaan pelaporan keuangan dalam suatu organisasi atau perusahaan berguna dalam rangka pencapaian tujuan visi dan misi organisasi ataupun perusahaan.
  • Penggunaan pengetahuan ilmiah dalam menyediakan informasi keuangan yang akurat dan nyata sebagai alat untuk mengambil keputusan dalam mencapai tujuan organisasi maupun perusahaan.

            Akuntansi sebagai sains, suatu proses pengidentifikasian, pengesahan, pengukuran, pengakuan dan penyajian data keuangan dasar yang terjadi dari kejadian transaksi atau kegiatan operasional suatu unit organisasi untuk menghasilkan informasi yang relevan dan akurat bagi pihak yang berkepentingan baik pihak internal maupun eksternal. Akuntansi merupakan sains terapan yang juga berarti akuntansi adalah teknologi terapan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN