Mohon tunggu...
Joy Jelena
Joy Jelena Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Haruskah KPK Dibubarkan?

27 Oktober 2017   21:59 Diperbarui: 27 Oktober 2017   22:51 1307 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Haruskah KPK Dibubarkan?
Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kita tentu sudah tidak merasa asing dengan kata "korupsi". Apalagi di Indonesia, korupsi seolah-olah menjadi hal yang wajar untuk dilakukan, terutama dalam dunia politik. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan korupsi? Korupsi merupakan suatu tindakan menyalahgunakan jabatan dalam suatu organisasi dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya seperti di Indonesia, sudah banyak para pejabat yang mengambil uang negara yang juga merupakan uang rakyat. Lantas, mengapa mereka melakukan hal tersebut? Nah, pertanyaan ini bisa dijawab oleh beberapa faktor. Jadi, ada beberapa faktor yang memungkinkan seseorang untuk berbuat korupsi. Faktor-faktor tersebut antara lain :

Keserakahan

Kita semua pasti tahu bahwa manusia memiliki sifat serakah. Sifat ini mendorong seseorang untuk melakukan korupsi. Terlihat jelas bahwa para koruptor adalah para pejabat negara. Meskipun mereka sudah memiliki jabatan, tetapi keserakahan mereka membuat mereka melakukan korupsi.

Gaya hidup

Orang yang memiliki gaya hidup yang serba mewah cenderung bisa melakukan korupsi. Hal ini disebabkan karena mereka membutuhkan biaya-biaya yang tinggi untuk memenuhi keinginan gaya hidup mereka.

Lemahnya penegakan hukum

Hukum seharusnya bersifat tegas dan memaksa sehingga membuat orang taat kepadanya. Akan tetapi, apabila suatu hukum lemah, maka orang-orang akan cuek dan meremehkan. Mereka akan menganggap bahwa berbuat suatu kejahatan seperti korupsi tidak akan mendapat hukuman yang berat. Padahal korupsi sendiri sangat merugikan masyarakat.

Sistem politik

Seperti di Indonesia, kasus-kasus korupsi sangat banyak dijumpai dalam dunia perpolitikan. Politik sendiri berhubungan dengan kekuasaan sehingga siapapun orang tersebut pasti akan melakukan berbagai cara, bahkan mungkin hingga melakukan korupsi hanya demi mendapatkan kekuasaan tersebut.

Ekonomi

Bicara tentang ekonomi, hal ini bisa dilihat dari jumlah gaji yang diterima oleh seseorang. Apabila orang tersebut merasa gaji yang diterimanya belum cukup, maka tidak menutup kemungkinan ia akan melakukan korupsi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan