Mohon tunggu...
Johanis Malingkas
Johanis Malingkas Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Melukiskan pikiran dan rasa lewat kata-kata

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Kapan Pandemi Covid 19 Berakhir?

18 Juni 2020   18:23 Diperbarui: 18 Juni 2020   18:23 255 34 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kapan Pandemi Covid 19 Berakhir?
poster covid 19(sumber: tribunenewsmanado.com)

Ini mungkin pertanyaan yang akan bersarang di kepala setiap insan manusia pada saat ini. Pertanyaan yang wajar dan membutuhkan jawaban dan belum ada ahli kesehatan di dunia ini berani memastikan waktu yang tepat berakhirnya wabah atau pandemi ini.

Semua kita merasakan dampak pandemi ini dalam kehidupan keseharian. Artinya, pandemi covid 19 diakui sebagai wabah yang mengglobal dan dirasakan dampak negatif di seluruh aspek kehidupan umat manusia di dunia ini.

Kehidupan saat ini saya bayangkan seperti kehidupan manusia di jaman dahulu kala. Jaman purbakala. Mungkin jaman batu. Penduduk bumi yang masih jarang dan peradaban masih rendah. Kalau dahulu kehidupan manusia masih diwarnai teknologi sederhana namun kini berkembang dengan peradaban teknologi yang canggih.

Nah, semua kita tau dan menyadari betapa pandemi ini sangat mempengaruhi aktivitas kehidupan masyarakat dari hampir semua aspek : sosial, ekonomi, politik, budaya dan keamanan.

Masyarakat dimanapun sadar betapa pentingnya makna kesehatan dalam kehidupan bermasyarakat. Pandemi covid 19 menjadi ancaman terhadap kehidupan manusia. Manusia terancam oleh mahluk hidup berbahaya, mahluk kecil bernama virus corona.

Artinya, ancaman kehidupan manusia bukan hanya disebabkan oleh persenjataan mutahir dan canggih namun mahluk kecil berupa virus. 

Dibalik ancaman dan penderitaan manusia akibat pandemi covid 19 kita boleh memetik hikmah di sana. Protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk berupaya memperkecil penyebaran virus ini selayaknya harus di dukung sepenuhnya oleh segenap lapisan masyarakat.

Perilaku disiplin diri terhadap anjuran protokol kesehatan menjadi syarat mutlak agar kita akan memperkecil waktu mengakhiri pandemi covid 19. 

Artinya, kita hanya bersikap dan berprilaku disiplin menjaga kesehatan diri sendiri, keluarga dan masyarakat sekitar kitaa. Cuci tangan, jaga jarak dan melakukan aktivitas pekerjaan di rumah saja serta menghindari terciptanya kerumunan masa.

Kalau kita berhasil mendisiplinkan diri dan keluarga kita terhadap tindakan mengikuti anjuran protokol kesehatan ini niscaya pertanyaan kapan berakhirnya pandemi covid 19 ini akan lebih cepat diselesaikan. 

Saya optimis pandemi ini akan segera berakhir sehingga aktivitas keseharian kita semakin normal kembali.

Manado 18062020.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN