Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Cara Alami untuk Menghindari Penyakit Batu Ginjal

28 Agustus 2021   17:40 Diperbarui: 28 Agustus 2021   17:39 188 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Cara Alami untuk Menghindari Penyakit Batu Ginjal
Minum banyak air. Sumber: What Doctors Don't Tell You, September 2021, hlm. 46.

Dalam artikel saya: Metode Penanganan Baru untuk Penyakit Batu Ginjal, kita barusan melihat segala cara intervensi medis yang bisa dilakukan jika seseorang terkena penyakit batu ginjal.

Artikel yang sekarang ini memberikan pendekatan yang disajikan dalam 4 cara alami untuk menghindari penyakit batu ginjal, yang bisa dan mudah kita lakukan sehari-hari sebelum penyakit batu ginjal itu menghinggapi kita.

Ada orang yang rentan terhadap batu ginjal (Kalsium oksalat) dan sedang mencari cara-cara alami untuk mencegahnya. Untungnya, sejauh ini, batu ginjal tersebut masih kecil dan tidak memerlukan tindakan pembedahan, tapi batu ginjal bisa tumbuh melebihi 5 milimeter dan bisa menyebabkan penyumbatan ureter, yang mengakibatkan nyeri parah di punggung bagian bawah atau perut, bandingkan dengan artikel saya: Metode Penanganan Baru untuk Penyakit Batu Ginjal.

Ketika deposit-deposit mineral dan garam terbentuk di dalam ginjal, batu ginjal menjadi sebuah penyakit saluran kemih yang umum. Biasanya batu ginjal terdiri dari Kalsium oksalat dan bisa menyebabkan gejala-gejala ketika bergerak di sekitar ginjal atau lewat ke dalam ureter, tabung-tabung yang membawa urin ke kandung kemih. 

Jika tertahan di ureter, batu ginjal bisa memblokir aliran urin dan mengakibatkan nyeri yang parah, mual, demam dan urin berwarna merah muda atau coklat.

Bagi orang dengan penyakit batu ginjal, disarankan untuk meminum banyak air, menggunakan obat pereda nyeri dan kemungkinan alfabloker, obat yang melancarkan saluran batu ginjal.

Batu ginjal yang lebih besar memerlukan penanganan dengan teknik-teknik antara lain Litotripsi Gelombang Kejut Luartubuh (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy/ESWL) yang menggunakan gelombang-gelombang kejut untuk memecah batu ginjal, atau nefrolitotomi perkutan  (Percutaneous Nephrolithotomy/PCNL) yang mengeluarkan batu ginjal dengan menggunakan sebuah instrumen teleskopik yang tipis.

Akan tetapi, kedua teknik ini berisi risiko, termasuk kerusakan ginjal, dan tidak mencegah kambuhnya batu ginjal.

Obat-obatan pencegah, misalnya diuretika thiazida, kadang-kadang diresepkan oleh para dokter untuk penyakit batu ginjal, namun obat-obat ini tidak terlalu efektif dan memiliki banyak efek samping.

Kabar baiknya adalah bahwa ada banyak perubahan sederhana dalam diet dan gaya hidup yang bisa membantu mencegah batu ginjal, serta herba dan suplemen yang bermanfaat. Praktisi naturopati (penyembuhan alami) bisa menawarkan sebuah rencana perawatan pribadi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan