Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah - Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Menelusuri Heidelberg, Jerman

4 Mei 2021   13:41 Diperbarui: 5 Mei 2021   16:46 755
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Reruntuhan Kastil Heidelberg (Heidelberg Schloss), 2 April 2014.

Heidelberg adalah sebuah kota universitas di negara bagian Baden-Württemberg Jerman, terletak di sungai Neckar di baratdaya Jerman. Pada sensus 2016, populasinya adalah 159.914, yang kira-kira seperempatnya adalah pelajar. Terletak sekitar 78 km di selatan Frankfurt, Heidelberg adalah kota terbesar kelima di Baden- Württemberg, bagian dari Wilayah Metropolitan Rhine-Neckar yang padat penduduk.

Karena sewaktu hendak ke Jerman selama seminggu pada awal April 2014 (Lihat artikel saya: Ulm dan Gunzburg, Jerman, destinasi saya adalah Ulm, dan tempat pendaratan saya adalah Frankfurt, maka saya pun mencakupkan Heidelberg dalam rencana perjalanan saya, karena berada di antara Frankfurt dan Ulm.

Setibanya di Frankfurt, saya langsung ke Stasiun Utama Frankfurt am Main ((Frankfurt (Main) Hauptbahnhof atau disingkat Frankfurt (Main) Hbf)). Entah disengaja atau tidak, penghilangan "am" dari "am Main" yang bermakna "di Sungai Main" ini menimbulkan kebingungan di kalangan para pengguna bahasa Inggris, karena nama stasiun ini dalam bahasa Inggris adalah Frankfurt (Main) Main Station. Stasiun ini bisa dicapai dalam 10 menit dengan Kereta Cepat Kota (Stadtschnellbahn, S-Bahn) dan sesampainya di Hauptbahnhof ini saya langsung mencari tiket Kereta Jerman (Deutsche Bahn, DB) terawal yang bisa saya dapatkan untuk melanjutkan perjalanan ke Heidelberg, yang bisa ditempuh dalam 1 jam lebih sedikit.

Sesampainya di Heidelberg Bahnhof, saya langsung lagi membeli tiket ke Ulm untuk hari yang sama (sorenya). Jadi, saya punya waktu  berjalan-jalan kaki di Heidelberg selama kira-kira 6 jam.

dokpri
dokpri
Dalam sebuah DB dari Frankfurt menuju Heidelberg, 2 April 2014.

dokpri
dokpri
Alun-alun Pasar Heidelberg (Heidelberg Marktplaz), 2 April 2014.
dokpri
dokpri
Patung Monumen Otto von Bismark di Heidelberg, 2 April 2014.

Sebenarnya saya ingin melihat dari dekat reruntuhan Kastil Heidelberg (Heidelberg Schloss), tapi saya tidak punya cukup waktu dan hanya berfoto di depannya dari kejauhan (Foto Judul).

Karena keterbatasan waktu, saya juga tidak mengunjungi Museum Apotek di Heidelberg yang saya tampilkan foto unduhannya pada artikel saya:
Apoteker (Bilingual), dan dalam artikel ini saya hanya memampangkan 2 foto yang saya ambil, yaitu sebuah Apotek di Heldelberg beserta foto catatan Resep Apotek ini dari tahun 1902.

Sekembalinya saya dari Ulm, saya punya waktu 1 hari ekstra, yang saya gunakan untuk berkeliling Frankfurt, dengan agenda utama ke Rumah Kelahiran Goethe (Goethe Geburtshaus) atau Rumah Goethe (Goethe-Haus) di  distrik Innenstadt dari Frankfurt am Main, lihat artikel saya: Ke Frankfurt, Singgahi Rumah Kelahiran Goethe.

Perjalanan seminggu yang penuh kesan indah.

Jonggol, 4 Mei 2021

Johan Japardi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun