Mohon tunggu...
Johan Japardi
Johan Japardi Mohon Tunggu... Penerjemah, epikur, saintis, pemerhati bahasa, poliglot, pengelana, dsb.

Lulus S1 Farmasi FMIPA USU 1994, Apoteker USU 1995, sudah menerbitkan 3 buku terjemahan (semuanya via Gramedia): Power of Positive Doing, Road to a Happier Marriage, dan Mitos dan Legenda China.

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Ke Frankfurt, Singgahi Rumah Kelahiran Goethe

27 April 2021   22:13 Diperbarui: 28 April 2021   00:59 107 4 0 Mohon Tunggu...

Di depan pintu Goethe-Haus.

Di Indonesia kita mengenal nama Goethe dari Goethe-Institut Indonesien (Lembaga Goethe Indonesia) yang terdapat di Jakarta dan Bandung.
Lembaga Goethe adalah lembaga budaya Republik Federal Jerman yang aktif secara global. Lembaga Goethe Indonesia menyediakan pembelajaran dan ujian bahasa Jerman.

https://en.wikipedia.org/wiki/Johann_Wolfgang_von_Goethe
https://en.wikipedia.org/wiki/Johann_Wolfgang_von_Goethe
Siapakah Goethe?
Johann Wolfgang von Goethe (28 Agustus 1749 - 22 Maret 1832) adalah seorang penyair, penulis drama, novelis, ilmuwan, negarawan, sutradara teater, kritikus, dan seniman amatir Jerman.

Goethe dilahirkan pada 28 Agustus 1749 di Kota Kekaisaran Bebas dari Frankfurt, yang pada masa itu masih termasuk Kekaisaran Romawi Suci.
Karya-karya Goethe meliputi: empat novel; puisi epik dan lirik; drama prosa dan syair; memoar; autobiografi; kritik sastra dan estetika; dan risalah tentang botani, anatomi, dan warna. Ia dianggap sebagai tokoh sastra Jerman terbesar di era modern.

Ketika melakukan traveling, tempat-tempat yang saya minati adalah situs-situs bersejarah, tempat orang-orang hebat dilahirkan, dan tak ketinggalan juga menikmati kuliner.

Pada 2 April 2014 (lebih dari 8 tahun yang lalu), saya berkunjung ke  Frankfurt dan saya sempatkan menyinggahi Goethe Geburtshaus (Rumah Kelahiran Goethe) atau Goethe-Haus (Rumah Goethe) di  distrik Innenstadt dari Frankfurt am Main, Jerman.

dokpri
dokpri
Plakat peringatan Otto Volger di Goethe-Haus: "Pendiri Hochstift Jerman Bebas dan pengelola Goethe-Haus."

dokpri
dokpri
Saya mendapat kepuasan tak ternilai dengan mengunjungi rumah bersejarah ini dan saya pun mengisi Besucherbuch (Buku Tamu) dengan pesan singkat:
Kunjungan pertama saya ke Goethe-Haus, jauh-jauh dari Jakarta, Indonesia.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Jonggol, 27 April 2021

Johan Japardi

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x