Mohon tunggu...
Joe Candra P
Joe Candra P Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Content Creator, Graphic Designer, and Musician.

I enjoy working on everything of the art based, traveling, and communication. https://joecandra.com/

Selanjutnya

Tutup

Nature Pilihan

Dukung Net-Zero Emissions (NZE) dengan Menyiapkan SDM yang Mumpuni

19 Oktober 2021   23:44 Diperbarui: 19 Oktober 2021   23:56 534 5 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Net-Zero Emissions (NZE) merupakan suatu tujuan yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi karbon. Emisi karbon itu  sendiri sangat berbahaya terhadap perubahan iklim dan bisa merugikan seluruh makhluk hidup di bumi. Apakah tujuan dari Net-Zero Emissions (NZE) ini merupakan sesuatu yang sangat urgent? Tentu saja.

Indonesia menargetkan NZE tercapai paling lambat pada tahun 2060. Apakah mewujudkan NZE hanya tugas pemerintah? Tentu saja tidak, melainkan tugas dan tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, mempersiapkan SDM yang mumpuni adalah hal yang wajib dilakukan sebagai langkah awal.

SDM untuk apa? Untuk calon pemerintah atau pemangku jabatan berikutnya dan masyarakat Indonesia lainnya, supaya sama-sama menyadari dan bisa bekerjasama secara sinergi. Ya, sinergitas antara pemerintah dan masyarakat memang dibutuhkan untuk mewujudkan Net-Zero Emissions (NZE).

Sejauh ini, pemerintah Indonesia sudah melakukan beberapa langkah awal, seperti dalam sektor energi, mengurangi emisi dari penggunaan lahan sektor transisi energi dan kehutanan, pengurangan deforestasi, dan memperluas areal lindung kawasan hutan.

sumber: Data Kementerian LHK
sumber: Data Kementerian LHK

Dalam sektor energi, pemerintah sudah berusaha melakukan penurunan intensitas energi (Efisiensi Energi), Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB), penerapan Standar Kinerja Energi Minimum (SKEM), dan pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT).

Sebagai masyarakat Indonesia kita wajib mendukung dan turut melaksanakan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa emisi karbon memiliki dampak negatif, terutama perubahan iklim yang tak menentu dan membahayakan keberlangsungan hidup manusia. Perubahan iklim ini bisa memengaruhi beberapa hal, diantaranya menyebabkan banjir, kelaparan, dan ketidakstabilan ekonomi.

Menyeramkan sekali dampak dari emisi karbon, bukan? Jadi, mari kita wujudkan Net-Zero Emissions (NZE) di Indonesia. Mewujudkan NZE bukanlah hal yang mudah, perlu adanya biaya yang tinggi, kesadaran masyarakat, teknologi canggih, dan SDM yang mumpuni.

infografis pribadi
infografis pribadi

Mari kita telaah lebih lanjut. SDM yang mumpuni harus diciptakan sebagai langkah awal dan langkah paling mudah yang bisa dilakukan. Mengapa? Dengan menyiapkan SDM yang mumpuni, kita bisa melanjutkan tujuan NZE entah sebagai pemerintah ataupun sebagai masyarakat sipil. Hal ini akan semakin mudah dalam bekerjasama jika SDM di Indonesia sama-sama mumpuni. Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Nature Selengkapnya
Lihat Nature Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan