Mohon tunggu...
Jemi firmansyah
Jemi firmansyah Mohon Tunggu... @jemifrmnyh

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Cara Memulai Usaha atau Bisnis di Masa Pandemi

24 Juni 2021   12:42 Diperbarui: 24 Juni 2021   12:46 56 1 0 Mohon Tunggu...

Cara memulai usaha di masa pandemi. 

Pandemi COVID-19 di Indonesia terjadi pada 2 maret 2020, sampai sekarang ini. Dimasa pandemi ini mempengaruhi kesehatan dan ekonomi pada masyarakat disemua kalangan. Banyak orang kehilangan pekerjaannya dan berkurangnya penghasilan yang diperoleh. 

Dalam pandemi ini kita sebagai wirausahawan kecil yang masih mengbangkan usahanya, cara untuk memulai usaha dimasa pandemi Covid-19 ini sebagai berikut :

1. Pilih model usaha/bisnis yang digemari. 

Maksud dari memilih model usaha/bisnis yang digemari adalah sesuai dengan keterampilan yang anda miliki, dan senang dalam menjalani bisnis tersebut. Contohnya anda gemar memasak maka usaha yang cocok dengan anda yaitu membuka usaha makanan. 

2. Minta bantuan teman untuk promosi. 

Pertemanan juga punya peran dalam mengembangkan bisnis karena koneksi yang anda miliki bisa jadi amunisi baik untuk menmeningkatkan promosi dengan biaya yang minim, dengan langkah awal menawarkan produk anda kepada teman anda hingga bisa merembet ke keluarga dan sosial media mereka. 

3. Gunakan media sosial. 

Menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk anda, ini adalah cara terbaik untuk promosi karena di sosial media dimasa sekarang ini atau masa canggih ini pasti semua kalangan memiliki sosial media, dan jika banyak orang yang menggunakan sosial media, mereka bisa melihat produk yang anda jual. 

4. Daftarkan usaha di Aplikasi. 

Dimasa pandemi ini banyak orang yang membatasi jarak dan banyak orang yang lebih senang dirumah. Membeli apapun lewat aplikasi online, membeli makanan tanpa harus keluar mereka membelinya lewat aplikasi online. Jadi ini cara terbaik untuk mendaftarkan produk usaha anda ke aplikasi online. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN