Mohon tunggu...
Kebijakan

Resensi Buku Manajemen Pelayanan Publik

22 Juni 2018   21:54 Diperbarui: 22 Juni 2018   22:21 2013
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Pribadi

Buku berjudul Manajemen Pelayanan Publik yang ditulis oleh seorang dosen Universitas Islam Malang, selain mengajar profesinya sebagai dosen penulis juga aktif melakukan penelitian. 

Dan pada dasarnya buku yang dibuat dengan judul Manajemen Pelayanan Publik ini sebagai pegangan maupun pedoman bagi mahasiswa jurusan administrasi publik, ilmu pemerintahan atau ilmu politik. 

Buku Ini ditulis dengan sedemikian detailnya untuk dijadikan sebagai rujukan bagi pemerintah dalam melakukan proses manajemen pelayaan public. Disisi lain buku ini dapat dijadikan sarana informasi bagi masyrakat umum untuk mengetahui  ataupun mempelajari tentang manajemen pelayanan public.

Dalam buku ini sangat mengacu secara global tentang teori konsep yang dibuat untuk memperbaiki kualitas kinerja pelayanan yang dilakukan oleh aparatur negara, melakukan penilaian terhadap kinerja aparatur sipil negara yang mengakomodir prinsip yang melekat yakni prinsip-prinsip "good govermance" akan semakin nyata dan menjadi tujuan utama.

Aparatur sipil negara sendiri merupakan kunci utama dalam menghasilkan output dari pelayanan public, tentunya berkaitan secara langsung dengan kualitas kinerja juga mencangkup kualitas potensi yang dimiliki. 

Langkah yang diambil melalui reformasi birokrasi yang mengubah seting dari sisitem dan kompetensi aparatur serta peningkatan sarana prasarana tujuannya adalah untuk masyrakatnya dan tentunya tidak terlepas dari pencapaian tujuan pemerintah yang baik dalam pelayanan public.

Masyarakat Indonesia tentunya menginginkan mendapat pelayanan baik, sigap serta tanggap dalam pelayanan yang diberikan serta menuntut untuk pihak instansi dapat bekerja secara profesional serta efektif terhadap pelayanan public. 

Dalam proses manajemen pelaynan public memang tidak dapat dipisahkan dari merencanakan, melakukan/mengimplementasi dan mengevaluasi dalam buku ini. Focus dalam buku ini mengarah oleh aparatur sipil negara sebagai bentuk tugas dan tanggung jawabnya  kepada masyarakat

Awal penulisan buku dimulai dengan membahas tentang pengertian pelayanan public sebagai bentuk pelayanan yang diberikan instansi dapat memberikan rasa kepercayaan kepada masyarakat dari pelayanan yang diberikan. 

Dalam pemberian pelayanan, menjadi tugas dan tanggung jawab pemerintah untuk menyediakannya secara profesional, akuntabel dan optimal. Semua dikaitkan dengan Undang-undang dan pasal mengatur pelayanan public. Dimana dalam bab ini penulis menjelaskan tentang konsep pelayanan publik, fungsi pelayanan publik, serta tujuan pelayanan public.

Masuk pada bab tiga membahas pengertian kinerja pelayanan public, kinerja berorientasi kepada sebuah hasil yang diharapkan sesuai denagn yang telah direncanakan untuk dilaksanakan dengan baik dan tentunya penuh tanggung jawab serta untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Selanjutnya penulis menjabarkan pembahasan yaitu, sifat dan bentuk pelayanan public, kualitas kinerja pelayanan public,indicator pelayanan public, dan pembahasan akhir dari bab ini  yaitu penilaian kinerja pelayanan public.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kebijakan Selengkapnya
Lihat Kebijakan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun