Mohon tunggu...
Izza Nur Hidayati
Izza Nur Hidayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pemula

Pasti Bisa.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Motivasi Kerja Salah Satu dari Psikologi Industri Organisasi

21 September 2021   22:30 Diperbarui: 22 September 2021   07:33 178 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Motivasi Kerja Salah Satu dari Psikologi Industri Organisasi
Sumber Ilustrasi : Tirto.ID

Motivasi kerja sangat dibutuhkan oleh semua karyawan terutama karyawan yang mengalami penurunan kinerja dan kekurangan motivasi dalam bekerja, perusahaan juga memiliki andil penting dalam masalah ini karena karyawan diibaratkan sebagai seorang harta atau kekayaan perusahaan.

Apabila ada sebuah perusahaan yang produktivitas atau kinerjanya menurun pasti akan timbul sebuah pertanyaan"disini yang menjadi pokok permasalahannya ada dimana?". 

Bisa jadi permasalahannya terletak pada karyawan mengalami penurunan kinerja yang penurunnya tidak hanya dialami oleh satu karyawan tetapi beberapa karyawan sehingga memberikan dampak langsung terhadap perusahaan, terutama pada produktivitas perusahaan.

 Penurunan kinerja disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah kurangnya motivasi kerja, dan jika ditelusuri lebih jauh tentang apa motivasi mereka dalam bekerja, pasti kebanyakan dari mereka akan bingung mau menjawab apa. 

Motivasi kerja sebetulnya sangat dibutuhkan oleh karyawan agar kinerja yang dicapai dapat maksimal, karena apabila seorang karyawan memiliki motivasi kerja mereka akan memiliki semangat, dan keingian yang tinggi dalam melakukan pekerjaannya.

Motivasi Kerja

Sebelum membahas lebih jauh tentang motivasi kerja, kita harus tau dulu apa pengertian motivasi kerja itu sendiri?

Pengertian motivasi kerja itu sendiri menurut George R. Terry ''memiliki arti sebagai keinginan dalam diri seorang karyawan yang mendorongnya untuk melakukan suatu tindakan''

Pengertian ini memiliki sifat yang masih umum. Secara lebih spesifik, Sondan P. Siagian mengutarakan pendapatnya secara lebih jelas bahwa ''motivasi kerja merupakan keseluruhan proses pemberian motif bekerja kepada para karyawan sehingga mereka mau bekerja secara suka rela, dan menghasilkan sebuah akhir yang memuaskan bagi perusahaan''. Jadi dapat disimpulkan bahwa motivasi kerja dan kinerja karyawan saling berpengaruh satu sama lain.

Di tempat kerja yang merupakan tempat hampir seharian penuh para pekerja/karyawan melakukan kegiatannya pasti rentan akan terjadinya stres kerja, karena masalah-masalah yang terjadi di lingkungan kerja dan jika tidak diiringi dengan motivasi kerja, karyawan akan mengalami kesulitan selama melakukan pekerjaannya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan