Mohon tunggu...
Izmatul Izza
Izmatul Izza Mohon Tunggu... Mahasiswi

to be succes

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Beberapa Area dalam Otak yang Membantu Perkembangan Kemampuan Berbahasa

28 Februari 2021   18:42 Diperbarui: 28 Februari 2021   19:44 98 2 0 Mohon Tunggu...

Di artikel sebelumnya, membahas tentang pengembangan bahasa, istilah bahasa itu sendiri, dan macam macam struktur bahasa. Pada artikel kali ini, akan membahas tentang area otak yang bisa membantu dalam perkembangan berbahasa.

Seperti yang sudah di ketahui, bahwa otak adalah organ paling utama yang bisa menentukan keberlangsungan hidup manusia dan juga otak adalah organ yang paling pertama. 

Jika di dalam otak itu ada salah satu saraf yang terputus atau rusak maka, akan mengakibatkan beberapa dampak yang akan terjadi. Misalnya saja ketika sel otak mati maka sebagian besar anggota tubuh tidak dapat berfungsi, kecuali jika sel otaknya sakit maka masih bisa di pulihkan, namun jika sel otak sudah mati ya tentu sudah tidak bisa di pulihkan lagi. 

Karena ada beberapa kasus yang terjadi yaitu hilangnya kemampuan berbicara karena adanya salah satu saraf yang ada di otak rusak akibat cidera kepala. 

Dengan memahami penjelasan di atas tentunya dapat di simpulkan bahwa otak juga berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak mulai dinu. Untuk itu kita perlu berjaga jaga, karena jika tidak akan berakibat fatal pada anak itu sendiri.

Ilmu yang mempelajari tentang otak atau ilmu saraf adalah neuroscience. Neuroscience nantinya akan membahas atau mempelajari tentang sistem saraf pada manusia. 

Neuroscience sendiri memfokuskan pembahasan nya pada kesadaran dari orang tersebut akan menjadi hal paling utama pada pembentukan identitas nya nanti, dan juga membahas seluk beluk pada otak itu sendiri. Anak kecil atau orang dewasa dapat berbicara atau mengkomunikasikan perihal informasi dengan baik karena adanya keterlibatan beberapa area yang ada di otak. 

Jika terjadi kerusakan, maka kemampuan berbicara atau mengkomunikasikan perihal suatu informasi akan terganggu. 

Karena, pada awalnya terbentuk nya kemampuan dalam berbahasa adalah adanya kerja sama yang baik antara bahasa dan beberapa area yang ada di otak otak kemudian terbentuklah suatu kata atau suatu kalimat yang sudah di susun dengan baik. Beberapa area tersebut adalah area broca dan area wernick.

1. Area broca.

Area broca adalah bagian otak manusia yang berperan pada proses bahasa dan kemampuan dalam memahami pembicaraan. Area broca terletak di gyrus frontalis superior pada lobus frontalis korteks otak besar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x