Mohon tunggu...
Mbak Tata
Mbak Tata Mohon Tunggu... profesional -

** House Manager ** Meminati segala hal yang berkaitan dengan eksplorasi dalam meningkatkan produktifitas hidup maupun manajerial yang efektif dan efisien untuk keseharian yang lebih baik silakan berkunjung ke itqonmanager.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Cobalah Strategi Berikut untuk Hidup Bebas Stres

18 November 2015   11:51 Diperbarui: 18 November 2015   14:29 300 5 1 Mohon Tunggu...

Apakah anda pernah berpikir ingin menghilang selama-lamanya. Ataukah anda berharap sesuatu yang mengkhwatirkan tidak sedang terjadi saat ini. Atau anda pernah berpikir andai semua kembali seperti semula. Ada penyebab membuat semua ini terjadi, ya tekanan yang menyebabkan kita berpikir untuk menghindari kenyataan dengan angan-angan seperti itu.

Sebuah studi baru-baru yang dikembangkan oleh psikolog Harvard, Robert Epstein, menemukan bahwa meskipun seseorang yang sedang ditimpa stress karena tekanan memiliki persenjataan lengkap, dia tahu teknik manajemen stres yang sering dibahas oleh para ahli (misalnya meditasi, yoga, berolahraga, dll), namun cara yang paling efektif untuk mengatasi tekanan karena stres adalah belajar bagaimana “menghindari” (bukan melarikan diri) stres yang potensial bisa dialami sebelum terjadi.

4 keterampilan yang perlu dilatih

Epstein memberikan referensi empat keterampilan yang dapat dilatih, dimana hal ini akan membuat seseorang yang stress karena tekanan dapat menggunakannya untuk mengelola stres dengan cara yang sehat.

Pertama, mengurangi atau menghilangkan sumber stress

Kedua, berlatih teknik relaksasi

Ketiga, memperbaiki cara berpikir yang irasional

Keempat, pencegahan, melalui perencanaan hidup sehingga dapat menghindari stres sebelum stress tersebut mempengaruhi

Pada empat hal diatas, anda harus memiliki pandangan untuk menghilangkan atau paling tidak mengurangi sumber stress. Berlatih teknik relaksasi dan belajar bagaimana untuk membingkai ulang pemikiran adalah teknik manajemen stres yang efektif, studi ini menemukan bahwa pencegahan merupakan prediktor paling kuat dari kebahagiaan dan kesuksesan.

Tapi berapa banyak kita yang telah memiliki pelatihan formal dalam mengelola stres? Hanya 17 % dari subyek dalam penelitian yang didapatkan oleh Epstein telah menerima pelatihan formal dalam manajemen stres, fakta dari 16 juta orang hits goolgle yang mengaku mendapatkan pelatihan mengelola stress ternyata belum sesuai.

Jadi bagaimana cara melawan stres sebelum stress itu sendiri dimulai? Berikut adaah strategi melawan stress karena tekanan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x