Mohon tunggu...
Isur Suryati
Isur Suryati Mohon Tunggu... Guru - Menulis adalah mental healing terbaik

Mengajar di SMPN 1 Sumedang, tertarik dengan dunia kepenulisan. Ibu dari tiga anak. Menerbitkan kumpulan cerita pendek berbahasa Sunda berjudul 'Mushap Beureum Ati' (Mushap Merah Hati) pada tahun 2021. Selalu bahagia, bugar dan berkelimpahan rejeki. Itulah motto rasa syukur saya setiap hari.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Darurat HIV/AIDS dan Kelumpuhan Generasi

31 Agustus 2022   21:45 Diperbarui: 31 Agustus 2022   22:04 238 20 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi memakan obat HIV | Pexels.com/Cottonbro

Penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia ini, dikenal dengan nama yang sangat angker, yakni Human Immunodeficiency Virus (HIV). Menyebar melalui hubungan seks, baik oral maupun anal, HIV disebabkan oleh retrovirus yang menjangkiti sel-sel sistem kekebalan tubuh manusia. 

Sudah lama tidak terdengar kabarnya. Kini, kembali viral dan ramai dibicarakan. Bukan di kota besar seperti Jakarta, Medan, atau Jogjakarta. Dimana pergaulan remaja dan mahasiswa sudah mulai menyentuh zona merah. 

Kabar tentang meningginya kasus HIV/AIDS ini datang dari kota yang terkenal dengan kecantikan para mojangnya, yakni kota Bandung.

Menurut berita yang dilansir dari Liputan6.com, ditemukan sekitar 414 kasus positif HIV/AIDS pada mahasiswa di kota Bandung.

Hal ini sungguh disayangkan, mengingat mahasiswa adalah generasi penerus bangsa. Bagaimana nasib bangsa ini ke depannya, jika generasi muda yang terdidik dan memiliki tingkat intelektual pun terkontaminasi oleh penyakit mematikan ini.

Menurut data yang disampaikan oleh dinas kesehatan, penyebab dari banyaknya kasus positif ini karena diakibatkan oleh hubungan seks yang tidak aman.

Dalam arti, mahasiswa-mahasiswa tersebut melakukan hubungan seks di luar nikah, lalu kemudian berganti-ganti pasangan, alias celup sana, celup sini 

Sangat miris dan memprihatinkan. Di tengah maraknya gempuran media dan teknologi yang sangat massif menuntut daya kritis dan kreatif mereka sebagai generasi penyelamat bangsa. Kini, mereka malah terpuruk dalam lingkungan penyakit yang hingga saat ini belum ditemukan penawar atau obatnya itu.

Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor pemicu ledakan kasus HIV/AIDS pada generasi muda.

1. Kehidupan yang bebas jauh dari pengawasan orang tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan