Mohon tunggu...
Isna A
Isna A Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Masyarakat Madani di Indonesia

17 November 2022   17:19 Diperbarui: 17 November 2022   17:55 119
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Peran Masyarakat Madani di Indonesia 

Masyarakat madani atau masyarakat sipil adalah sistem sosial yang sejahtera berdasarkan prinsip-prinsip moral yang menjamin keseimbangan antara kebebasan individu untuk kepentingan stabilitas sosial. Inisiatif individu dan sosial adalah pemikiran, seni, implementasi pemerintahan dengan hukum, bukan hasrat atau keinginan individu.

Pengertian lain dari masyarakat madani adalah masyarakat beradab yang menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan telah mengalami kemajuan dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 Ciri-ciri masyarakat madani:

 1. Menjunjung tinggi nilai 

Civil society atau masyarakat madani identik dengan sifat beradab. Mereka selalu mematuhi nilai-nilai, standar dan hukum yang mereka patuhi. Anda memiliki semua ini dengan pengetahuan, kepercayaan, dan juga teknologi. Artinya, masyarakat sipil memiliki kehidupan berdasarkan aturan yang ada. Mulai dari nilai, hukum, standar dan lainnya.

Ketaatan mereka didasarkan pada iman, ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka pelajari. Kemudian iman dan kepercayaan mereka kepada Sang Pencipta berkembang dengan kekuatan.

 2. Mempunyai peradaban yang tinggi

 Sebagai masyarakat yang memiliki keimanan yang kuat terhadap Tuhan Yang Maha Pencipta, masyarakat madani telah terbukti sebagai masyarakat yang beradab. Dimana mereka memiliki tata krama dan adab yang baik. Mereka juga memiliki sopan santun terhadap sesamanya dan terhadap Tuhan. 

3. Mengutamakan kesetaraan dan transparansi

Ciri selanjutnya adalah masyarakat sipil mempertahankan posisinya. Apakah itu wanita atau pria. Keterbukaan atau transparansi berarti mereka hidup dengan jujur dan tidak perlu menyembunyikan apapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun