Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Cewek Cakep dan Salah Persepsi di Dunia Kerja

13 April 2021   13:50 Diperbarui: 13 April 2021   16:26 238 70 9 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cewek Cakep dan Salah Persepsi di Dunia Kerja
dok. femina.co.id

Bagi para cewek, terutama yang masih tergolong muda, menjadi cewek cakep, boleh dikatakan menjadi impian semuanya. Jangan heran kalau wanita muda membutuhkan waktu relatif lama untuk memilih pakaian dan berdandan, karena faktor penampilan sangat penting.

Jangan pula kaget melihat betapa larisnya berbagai produk dan jasa kecantikan. Perhatikan pula cewek-cewek yang tak sungkan berfoto selfie di ruang publik. Mana foto yang terbaik akan dipasang pada profil dirinya di akun media sosialnya.

Tulisan ini lebih terfokus untuk mengamati para wanita yang meniti karier di perkantoran, baik instansi pemerintah, perusahaan milik negara, maupun perusahaan swasta.

Meskipun dominasi laki-laki masih terlihat nyata, tapi ada perkembangan yang menggembirakan dengan mulai bertambahnya wanita yang menduduki jabatan strategis di perkantoran.

Ambil contoh pada bank-bank milik negara yang semuanya ada 4 bank, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri.

Pada semua bank di atas, di jajaran direksi yang merupakan puncak karier seorang bankir, terdapat direktur yang wanita. Bahkan di BNI, punya 3 direktur wanita, Mandiri dan BRI 2 orang, serta BTN 1 orang.

Khusus di BNI dan Mandiri, yang menjadi Wakil Direktur Utama adalah seorang wanita. Jelas ini pencapaian yang luar biasa dan sekaligus mematahkan pendapat bahwa wanita terpingggirkan dalam birokrasi.

Kalau kita berbicara di luar bank, saat ini terdapat 6 BUMN yang direktur utamanya dijabat oleh seorang wanita, di antaranya sebuah BUMN besar yang sangat vital peranannya, Pertamina.

Masalahnya, keberhasilan wanita dalam meraih posisi tinggi, adakalanya disambut setengah hati oleh orang lain, termasuk sebagian teman kerja dan anak buahnya. Bahkan, komentar miring tidak saja datang dari kaum lelaki, tapi terkadang berasal dari sesama wanita.

Salah satu komentar yang relatif sering terdengar adalah mengaitkan keberhasilan wanita karier dengan kecantikannya. Seolah-olah wajah cakep menjadi modal utama

Ya, memang banyak keuntungan jadi cewek cakep. Ia cenderung jadi pusat perhatian dan kalau ia minta tolong, ada banyak orang yang seperti berebutan ingin membantu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN