Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Selangkah Lagi Persija Boyong Piala Indonesia

21 Juli 2019   21:08 Diperbarui: 21 Juli 2019   21:08 0 9 3 Mohon Tunggu...
Selangkah Lagi Persija Boyong Piala Indonesia
Ryuji Utomo (dok. detik.com)

Turnamen Piala Indonesia periode 2018/2019 yang telah berlangsung sejak tahun lalu di sela-sela kompetisi Liga 1 dan diikuti oleh 128 klub yang terdiri dari klub Liga 1, Liga 2 dan Liga 3, sudah memasuki partai final.

Dua klub yang menduduki peringkat teratas di Liga 1 tahun lalu yakni sang juara Persija Jakarta dan runner up PSM Makassar,  tahun ini kembali harus bersaing dan saling berhadapan di final Piala Indonesia.

Pertandingan final tersebut berlangsung dengan sistem kandang dan tandang. Persija bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu pada Minggu sore (21/7/2019) di Gelora Bung Karno (GBK) dan seminggu berikutnya giliran PSM yang menjamu Persija.

Pada laga di GBK yang berlangsung seru disaksikan puluhan ribu Jakmania, julukan bagi suporter Persija, berakhir dengan kemenangan tipis Persija dengan skor 1-0. Dengan demikian Persija tinggal selangkah lagi untuk memboyong Piala Indonesia.

Namun untuk itu Persija harus mampu menahan imbang PSM pada laga tandang di Makassar, atau kalaupun kalah harus dengan selisih satu gol dan Persija mampu melesakkan gol. Contohnya bila PSM menang 2-1 atau 3-2, maka Persija lah yang juara karena unggul gol tandang.

Persija harus berterima kasih pada pemain cadangan Ryuji Utomo yang belum lama masuk lapangan hijau saat berhasil mempersembahkan gol semata wayang pada menit 87. 

Berawal dari sebuah umpan lambung dari sudut kanan yang menimbulkan kemelut di depan gawang PSM dan bola liar yang mengarah ke kaki Ryuji berhasil dimanfaatkan Ryuji dengan tendangan keras yang bersarang di gawang PSM.

Persija pantas menang karena memang menguasai permainan. Peluang untuk mencetak gol yang didapat Persija jauh lebih banyak ketimbang yang didapat PSM.

Sayangnya peluang yang diperoleh Marko Simic, Riko Simanjuntak dan Bruno Matos, semuanya dari Persija, atau peluang yang diperoleh Guy Junior dan Zulham Zamrun dari PSM tidak berhasil diselesaikan dengan baik.

Sekiranya Persija berhasil memboyong Piala Indonesia tentu jadi semacam pelipur lara bagi klub kebanggaan warga ibu kota ini mengingat sekarang posisinya lagi terpuruk di Liga 1. 

Pada klasemen sementara Persija berada di zona merah yakni peringkat dua terbawah, hanya lebih baik dari juru kunci Semen Padang.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x