Mohon tunggu...
Irvan Maulana
Irvan Maulana Mohon Tunggu... Penulis - Put Right Man on the Right Place

Pemerhati Bangsa

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Cara agar Ide Besar Dilirik oleh Orang yang Tepat

7 Oktober 2021   21:56 Diperbarui: 10 Oktober 2021   13:01 309 13 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi kerjasama tim di kantor. (sumber: Shutterstock via kompas.com)

Jika kita berdiskusi dengan intelektual muda, para mahasiswa khususnya untuk fresh graduate, tentang harapan mereka soal pekerjaan di masa depan. Jawaban mereka biasanya akan sangat idealis dan ingin berdampak besar bagi masyarakat.

Mereka memiliki ide-ide besar, terkadang revolusioner, misalnya bagaimana mengatasi masalah perubahan iklim dan keadilan sosial?

Mereka juga mampu berbicara tentang cara meningkatkan efisiensi dengan memperbarui sistem komunikasi yang sudah ketinggalan zaman, dan bahkan menawarkan solusi yang dapat membantu perusahaan besar memasarkan produk mereka kepada konsumen yang lebih muda.

Hal yang terpenting adalah mereka sangat bersemangat untuk menyuarakan ide-ide kreatif sampai mereka mendapatkan pekerjaan pertama mereka, hingga mereka masuk ke lingkungan baru dan bertemu dengan orang-orang yang sangat berpengalaman.

Setelah itu, barulah mereka menyadari bahwa mereka memiliki kekuatan yang jauh lebih kecil daripada yang mereka bayangkan agar selalu diasah dan dikembangkan.

Tidak mudah untuk mengubah ide menjadi kenyataan, terutama ketika Anda berada dalam peran tingkat pemula dengan sumber daya dan koneksi terbatas. 

Orang-orang yang memiliki kekuatan untuk membuat keputusan besar seringkali memiliki keyakinan dan asumsi mereka sendiri tentang bagaimana melakukan bisnis berdasarkan apa yang telah, belum, dan berhasil di masa lalu.

Jadi, bagaimana Anda menyiasatinya dan membuat ide-ide besar Anda diperhatikan, terutama bagi millineal?

Untuk membuat dampak yang nyata, Anda hanya perlu mendapatkan orang yang tepat, orang-orang yang memegang kendali keputusan untuk mendengarkan dan percaya pada kemampuan Anda. Ini rangkuman tahapannya.

Pertama, cari tahu siapa yang paling powerful untuk mengimplementasikan ide Anda

Sebelum Anda mengajukan ide Anda, tanyakan pada diri Anda "Siapa yang memiliki kans paling kuat untuk memutuskan apakah itu akan dilaksanakan atau tidak, dan pada apa mereka akan mendasarkan keputusan mereka?"

Terkadang pertanyaan ini akan lebih mudah dijawab, tetapi semua tergantung pada jenis perusahaan tempat Anda bekerja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan