Mohon tunggu...
Irmina Gultom
Irmina Gultom Mohon Tunggu... Apoteker - Apoteker

Pharmacy and Health, Books, Travel, Cultures, Photography | Author of What You Need to Know for Being Pharmacy Student (Elex Media Komputindo, 2021) | Best in Specific Interest Nominee 2021 | UTA 45 Jakarta | IG: irmina_gultom

Selanjutnya

Tutup

Healthy Artikel Utama

Bedanya Obat dengan Akhiran "Forte" dan yang Tidak

8 September 2020   08:15 Diperbarui: 20 April 2022   22:51 41896 31 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bedanya Obat dengan Akhiran

"Suka dibingungkan oleh istilah "forte" pada obat, ternyata obat forte adalah obat yang memiliki dosis lebih tinggi dan wajib kita waspadai."

Semasa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, gejala penyakit yang paling umum seperti demam, bersin-bersin, hidung meler pertanda pilek, batuk dan rasa sakit saat menelan justru menjadi gejala yang paling ditakutkan.

Coba perhatikan, ketika ada orang yang bersin-bersin atau buang ingus atau batuk di ruang publik, paling tidak ada satu orang di sekitarnya yang melihat dengan tatapan antara curiga, cemas dan takut. Atau mungkin, Anda sendiri juga begitu?

Anyway, ngomong-ngomong soal pilek, saya jadi teringat salah satu orang teman saya pernah bilang begini waktu nitip dibelikan obat pilek, "Eh, belinya yang ada tulisan Forte-nya ya. Biar lebih manjur." Teman saya ini, kalau pilek memang selalu minum obat sama, yakni yang ada tulisan 'Forte' di kemasannya.

Mungkin pembaca sekalian pernah dengar atau lihat, ada beberapa obat dengan kandungan zat aktif sama, ada yang mencantumkan kata 'Forte' di belakang namanya dan ada yang tidak.

Dan rupanya masih ada orang yang beranggapan bahwa obat yang ada kata 'Forte' di belakang namanya, berarti obat tersebut lebih paten atau manjur daripada yang biasa (tanpa tambahan kata 'Forte'). Benar gak sih?

Maksud dari Kata 'Forte'

Sebenarnya apa sih maksud dari kata 'Forte' tersebut? Dan apa bedanya dengan obat yang tidak menggunakan kata 'Forte'?

Kata 'Forte' berasal dari bahasa Latin 'Fortis' yang berarti 'kuat'. Jadi jika suatu obat namanya ditambahkan kata 'Forte', berarti dosis obat tersebut memiliki dosis yang lebih kuat dari obat yang sebelumnya sudah pernah beredar. Biasanya sih, versi 'Forte' keluar jika obat pendahulunya cukup laris di pasaran. 

Perbandingan besaran dosis antara obat forte dan yang biasa bervariasi. Ada yang 1.5 kali hingga 2 kali dosis. Tapi tentunya dalam menaikkan kekuatan dosis ini didasarkan pada bukti ilmiah dari sisi efficacy (khasiat) dan safety (keamanan) loh ya. Jadi bukan asal dilipatgandakan kayak D**** Kanjeng melipatgandakan uang loh ya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan