Mohon tunggu...
Irfan Fadila
Irfan Fadila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mencoba menjadi pewaris peradaban

Mahasiswa Ilmu Politik yang gaterlalu politik. Menyukai sepak bola, musik rock, dan pantai

Selanjutnya

Tutup

Bandung Pilihan

Pengalaman Membuat SIM C di Polrestabes Bandung

31 Januari 2022   16:12 Diperbarui: 31 Januari 2022   16:17 5362
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bandung. Sumber ilustrasi: via KOMPAS.com/Rio Kuswandi

Halo wargi Bandung! Kali ini saya ingin berbagi pengalaman ketika membuat SIM C di Polrestabes Bandung yang tepatnya berada di Jalan Jawa. Tulisan saya ini sangat cocok untuk wargi Bandung yang ingin membuat SIM secara mandiri :D hayuu disimak barayaa

*Catatan: Tulisan ini berdasarkan yang saya alami dan tidak ada maksud untuk menjelek jelekan instansi maupun perorangan.

Selama 7 tahun menjadi pengendara illegal diliputi rasa waswas melihat rompi hijau ketika melewati Jalan Otista dan Bundaran Cibiru membawa saya meniatkan diri untuk segera menjadi pengendara yang taat lalu lintas walaupun sebenarnya terpaksa dengan cara membuat SIM sebagai tanda restu berkendara dari negara. 

Sejujurnya saya malas untuk membuat SIM karena sering dijejali oleh ucapan orang-orang bahwa bikin SIM itu susah probabilitasnya 1:10 untuk lulus katanya kalo mau mudah bisa lewat “pihak ketiga” dan itu harganya mahal (banget)

Tapi berhubung saat itu sedang libur semester akhirnya saya mencoba membuat SIM dengan niat untuk mengisi waktu luang. Muda, banyak waktu luang, dan gapunya uang membuat saya idealis untuk membuat SIM sesuai prosedur. 

Rasa percaya diri untuk lulus ujian SIM begitu tinggi karena pengalaman saya berkendara sepeda motor bisa dibilang cukup mahir, sejak kelas tiga SMP sudah akrab dengan mulusnya aspal jalur alternatif  yang menghubungkan antara Nagreg dan Ciamis. 

Beranjak kelas satu SMA semakin intens menjajal jalur Bandung-Ciamis-Pangandaran secara pulang pergi menjadikan saya berada di atas angin untuk melahap semua tes keterampilan SIM C Polrestabes Bandung.

Sudah cukup story telling dan basa basinya sekarang waktunya saya menuliskan cara-cara dan tips membuat SIM sesuai pengalaman yang dialami di Polrestabes Bandung check this outz

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat SIM adalah jangan keliatan clueless karena dengan terlihat bingung biasanya kita mudah terpengaruh oleh bisikan-bisikan yang menawarkan bantuan instan dalam membuat SIM. 

Saran saya ketika kita sudah sampai di Polrestabes Bandung langsung saja parkir dan segera untuk beranjak ke gang samping Tridaya yang ada di jalan Nias Dalam untuk melakukan cek kesehatan. 

Di sana kita akan di cek kesehatan mata, berat badan, tinggi badan, dan tensi darah. Jangan lupa siapkan uang 50rb untuk menebus surat kesehatannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bandung Selengkapnya
Lihat Bandung Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun