Mohon tunggu...
IRFAN ARDHIANTO
IRFAN ARDHIANTO Mohon Tunggu... UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Sarapan Pagi yang Memiliki Banyak Manfaat untuk Aktivitas

14 April 2021   23:14 Diperbarui: 14 April 2021   23:31 87 1 0 Mohon Tunggu...

Kita yang berada digenerasi millennial ini, tidak jarang kita melewatkan sarapan pagi yang seringkali disebabkan karena kita malas, takut gemuk jika makan pagi serta terburu-buru bernagkat kerja sehingga melupakan kunci utama untuk mengawali hari. Hal ini dapat mempengaruhi badan kita serta gizi kita yang menurun serta menyebabkan bagian pertus terasa tidak enak. Pentingnya sarapan pagi yaitu untuk menjaga konsentrasi saat sekolah maupun bekerja sehingga dapat menganggu aktifitas saat bekerja dan membuat kerja tidak maksimal.

Sarapan pagi dianjurkan untuk memakan makanan yang sehat yang mengandung protein, karbohidrat, mineral, vitamin, air dan serat, air juga berguna untuk mempelancar kerja sistem  pencernaan. Sarapan pagi yang baik yaitu terdiri dari  minimal seperempat dari keseluruhan kebutuhan nutrisi dengan kita sering sarapan pagi bisa menghasilkan karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar gula darah sehingga berkonsentrasi dengan baik. Hidup sehat dimulai dengan kebiasaan makan yang baik, yang bisa dimulai dengan memilih makanan bergizi dan memperhatikan pola makan. 

Menurut hasil penelitian Rochmad et al. (2012), pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak membutuhkan pola makan yang seimbang antara 45% -65% karbohidrat, 10-15% kebutuhan protein dan 25-30 lemak, setiap orang membutuhkan pola makan sehari-hari. Persentase. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Bagwel (2014), berbagai manfaat sarapan pagi antara lain asupan energi otak, asupan vitamin yang membantu meningkatkan daya ingat dan daya ingat serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Sarapan memiliki banyak manfaat, ini mungkin menjadi alasan kuat untuk sarapan dan memilih makanan yang tepat berdasarkan nutrisi. Mungkin bagi sebagian orang, sarapan hanyalah hal kecil, namun pandangan ini salah. Padahal, sarapan pagi bisa membuat tubuh kuat dan mengurangi risiko terhindar dari berbagai penyakit. Kebiasaan sarapan harus ditanamkan sejak dini agar setiap orang terbiasa dengan sarapan yang dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia. Makan pagi hanya di pagi hari akan berdampak besar pada efisiensi kerja masa depan negara, karena Anda dapat berkonsentrasi untuk mendapatkan energi dari sarapan.

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x