Rumah sakit sebagai institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat bertanggung jawab dalam memberikan pelayanan yang bermutu dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Hal ini menuntut rumah sakit untuk terus meningkatkan fasilitas dan kompetensi layanannya. Inovasi-inovasi layanan rumah sakit terus diciptakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Namun seringkali edukasi dan informasi terkait layanan kesehatan tersebut tidak tersebar luas ke masyarakat. Sehingga masyarakat tidak dapat mengakses layanan tersebut secara luas. Pemasaran rumah sakit adalah suatu program yang menyeluruh yang bertujuan menginformasikan fasilitas dan layanan yang dimiliki rumah sakit kepada masyarakat luas. Pemasaran rumah sakit juga bertujuan untuk membangun citra positif bagi rumah sakit dan kepercayaan masyarakat, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepuasan pasien dan masyarakat.
Era digital menuntut pendekatan yang lebih personal, interaktif dan berpusat pada pasien. Strategi pemasaran berbasis komunitas dan pemberdayaan pasien di rumah sakit menjadi kunci dalam membangun hubungan jangka panjang, meningkatkan loyalitas dan menjadi bagian dari perjalan kesehatan masyarakat.
Kiwari Peduli adalah merupakan suatu inovasi pemasaran di RSUD Bandung Kiwari dengan mengadaptasi teori pemasaran berbasis komunitas yang telah  cukup populer di dunia bisnis saat ini. Program Kiwari Peduli menjadikan rumah sakit aktif terlibat dalam kegiatan promosi kesehatan di masayarakat melalui pembentukan komunitas pasien, mengadakan kelas-kelas komunitas dengan modul pembelajaran yang terstruktur serta memberikan edukasi dan bakti sosial kepada masyarakat. Program ini juga memanfaatkan media sosial dan platform digital sebagai jembatan komunikasi dua arah dengan membuat konten edukasi dan informasi layanan kesehatan, melakukan sesi tanya jawab serta diskusi online dengan melibatkan narasumber yang professional di bidangnya. Program Kiwari Peduli juga mendorong kolaborasi dan kemitraan dengan berbagai pihak seperti kewilayahan, perusahaan dan sekolah dalam upaya memberikan edukasi, informasi dan membangun citra positif rumah sakit.
Kiwari Peduli bukan hanya sebagai strategi pemasaran yang membawa manfaat bagi rumah sakit namun juga memberikan nilai positif berupa pemberdayaan pasien dan masyarakat dalam meningkatkan derajat kesehatannya. Dengan Program Kiwari Peduli diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit sesuai slogannya “KIWARI PEDULI WUJUDKAN SEHAT BERSAMA RSUD BANDUNG KIWARI’
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI