Mohon tunggu...
Inspirasiana
Inspirasiana Mohon Tunggu... Kompasianer Peduli Literasi dan Edukasi

Bagikan tulisan hak cipta kami dalam bentuk artikel Kompasiana. Kami ingin menerbitkan bunga rampai karya dan mendukung taman baca di penjuru tanah air. KRewards sepenuhnya untuk dukung cita-cita literasi. * IG: inspirasianakita * FB: inspirasiana.kita * Twitter: @InspirasianaKi1 * inspirasianakita@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Kiat Lima S (5S) agar Tempat Kerja Serasa Surga

24 Mei 2021   11:09 Diperbarui: 24 Mei 2021   11:26 140 20 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kiat Lima S (5S) agar Tempat Kerja Serasa Surga
Kiat Lima S (5S) agar tempat kerja serasa surga - Photo by Clayton Cardinalli on Unsplash

"Pleasure in the job puts perfection in the work" (Aristotle)

Filsuf Yunani Kuno, Arsitoteles menulis bahwa rasa bahagia dalam bekerja membuat pekerjaan kita sempurna. Siapa tidak ingin tempat kerjanya menjadi tempat membahagiakan dan memacu produktivitas?

Masalahnya, sering terjadi bahwa tempat kerja seperti kantor terasa panas. Mirip neraka yang konon panas membara. Lantas bagaimana caranya agar tempat kerja jadi "surga" di dunia?

Inilah kiat "lima S" (5S) agar tempat kerja jadi "surga" di dunia. Kiat ini disusun berdasarkan pengalaman nyata keluarga kami yang mengelola usaha keluarga kecil-kecilan berupa toko dan aneka jasa. 

1. Senyuman

Tersenyumlah, maka dunia pun akan tersenyum padamu. Stanley Gordon West perrnah menulis, "Smile and the world smiles with you; cry and you cry alone". 

Atasan yang memulai harinya dengan tersenyum pada bawahan akan menjadikan tempat kerja bak surga. Demikian pula, kala bawahan pun tersenyum tulus pada atasan dan sesama karyawan lain. 

Sebaliknya, jika wajah Anda sudah cemberut duluan di pagi hari, orang-orang yang bertemu dengan Anda pun tak mendapat energi positif. 

Biarpun gigi ompong, senyum tetap indah. Yakinlah! Apalagi jika ternyata senyum kita indah. Tentu wajah-wajah ceria orang lain akan ikut merekah. 

2. Sapaan

Rutinitas pekerjaan sehari-hari kadang membuat kita seperti robot. Sampai-sampai kita lupa menyapa rekan sekantor atau mitra kerja karena kita anggap tiada gunanya lagi menyapa.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN