Mohon tunggu...
Inosensius I. Sigaze
Inosensius I. Sigaze Mohon Tunggu... Lainnya - Membaca dunia dan berbagi

www.suarakeheningan.org

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Misteri "Nusantara" dan Penegasan Identitas Smart City yang Hieroglyphs

21 Januari 2022   06:22 Diperbarui: 26 Januari 2022   17:15 1412 70 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden: konsep desain ibu kota baru Nagara Rimba Nusa, pemenang sayembara Kementerian PUPR. (KOMPAS.com/Fitria Chusna Farisa)

Smart City perlu tetap berada di bawah sayap Garuda Pancasila.

Gema pemindahan ibu kota negara sejak 2019 masih terdengar hingga saat ini. Mula-mula terasa seperti ilusi kecil yang terbang dan hinggap sejenak di kepala bapak Jokowi. Sayembara gambar ibu kota baru pun digelar dan dipublikasikan. 

Desain yang fantastis lagi-lagi membuat banyak orang bertanya dan tidak bisa percaya bahwa itu semua adalah kenyataan masa depan Indonesia yang sudah mulai direnggut sejak saat ini (2019).

Kenyataan bayangan mimpi Jokowi

Polemik berlalu, senyap kembali dalam isu-isu dan ramalan-ramalan pesimis tentang keruntuhan negeri ini. Namun, setelah dua tahun seperti tertidur lelap dalam irama kerja keras Presiden Jokowi dan kabinet-kabinetnya.

Mimpi itu semakin punya wajah terang benderang, hingga rujukan terakhir adalah pengumuman nama resmi ibu kota baru itu, NUSANTARA.

Saya masih ingat dan merasakan guncangan mimpi perpindahan tahun 2019 kala itu di Jerman. Tema perpindahan ibu kota negara santer menghipnotis orang-orang Eropa. Wow Joko Widodo punya gebrakan yang menggemparkan dunia.

Tak hanya itu, nama Kalimantan pun disebut dan dicari oleh sejumlah orang Eropa saat itu. Narasi-narasi kecil terkait Kalimantan mulai semakin berani dipresentasikan, mengapa mesti disana? Di mana letak Kalimantan dan lain sebagainya.

Ya, gebrakan yang membelalakan mata dunia adalah bagian dari strategi elegan memberikan pengaruh tentang keberanian Indonesia membuat kebijakan hingga mengambil keputusan besar di tengah krisis global yang tidak mudah.

Saat rencana perpindahan digaungkan, krisis covid19 menghampiri begitu rapat, sementara itu varian baru Omicron kembali menguat, Indonesia saat itu kembali memberi nama pada mimpi besar yang kian nyata. Dialah sang NUSANTARA.  

Misteri nama "Nusantara"

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan