Mohon tunggu...
EVRIDUS MANGUNG
EVRIDUS MANGUNG Mohon Tunggu... Lainnya - Pencari Makna

Berjalan terus karena masih diijinkan untuk hidup. Sambil mengambil makna dari setiap cerita. Bisikkan padaku bila ada kata yang salah dalam perjalanan ini. Tetapi adakah kata yang salah? Ataukah pikiran kita yang membuat kata jadi serba salah?

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Artikel Utama

Kolaborasi Smart City: Apple dan Indonesia Bekerja Sama

17 April 2024   19:45 Diperbarui: 18 April 2024   07:11 486
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Apple dan Indonesia Bekerja Sama (KOMPAS.com/Dian Erika)

Presiden Joko Widodo mengajukan permintaan penting kepada perusahaan teknologi raksasa, Apple, sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk mengakselerasi pembangunan smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang terletak di Kalimantan Timur.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi menyampaikan keinginannya agar Apple turut serta dalam investasi untuk membangun infrastruktur smart city di kawasan tersebut. (Kompas.com, 17/04/2024) 

Tanggapan positif dari CEO Apple, Tim Cook, terhadap permintaan ini memberikan harapan baru bagi Indonesia dalam merencanakan dan mengimplementasikan proyek-proyek pembangunan kota pintar.

Keterlibatan perusahaan teknologi sebesar Apple dapat memberikan dorongan besar dalam mewujudkan visi pemerintah untuk mendorong inovasi teknologi dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di IKN.

Dengan demikian, berita ini tidak hanya memperlihatkan kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta dalam pembangunan, tetapi juga menggarisbawahi pentingnya integrasi teknologi dalam pembangunan perkotaan di Indonesia.

Inisiatif Presiden Jokowi: Apple Dukung Pembangunan Smart City di Indonesia


Presiden Joko Widodo, dalam upayanya untuk mendorong pembangunan infrastruktur modern di Indonesia, meminta dukungan investasi dari perusahaan teknologi global, Apple, untuk membangun smart city di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, ditunjuk untuk memimpin proyek tersebut. Saat ini, investasi Apple di Indonesia tercatat sebesar Rp 1,2 triliun.

Namun, jumlah ini diharapkan meningkat menjadi Rp 1,6 triliun setelah selesainya pembangunan infrastruktur pendidikan seperti Apple Developer Academy di Bali.

Sementara itu, data di Kementerian Perindustrian, dalam satu tahun Indonesia mengimpor US$ 2 miliar (Rp 32 triliun) dari Apple. Untuk itu pemerintah berharap Indonesia juga harus menjadi bagian dari global supply chain, bukan hanya sekedar pasar.(cnbcindonesia.com, 17/04/2024)

Respons positif dari CEO Apple, Tim Cook, menunjukkan minat perusahaan dalam berinvestasi dan berkontribusi pada pembangunan infrastruktur teknologi di Indonesia. Ini menandakan sebuah kesempatan untuk memanfaatkan kehadiran perusahaan teknologi global dalam memajukan pembangunan negara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Vox Pop Selengkapnya
Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun