Mohon tunggu...
Innnayah
Innnayah Mohon Tunggu... Calon Sinematografer

www.innnayah.com | www.cinematic.id | www.pekalonganku.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

2 Hari Jelajahi Langit Balikpapan dengan Drone

8 November 2018   10:44 Diperbarui: 7 April 2019   16:37 916 4 1 Mohon Tunggu...
2 Hari Jelajahi Langit Balikpapan dengan Drone
Hutan Borneo (dok.pri)

Inilah jejak langkah pertamaku di pulau Kalimantan. Melalui pintu gerbangnya yang cantik bernama Balikpapan. Dua hari menikmati eksotisme kota ini dari udara menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Boleh banget jadi referensi libur akhir tahun kamu.

Aku memang punya keinginan untuk menjelajahi nusantara khususnya yang memiliki tempat wisata menarik. Meski kerja senin-jumat dan hanya punya jumlah hari cuti yang minim, kemudahan untuk menikmati wisata Indonesia bukan lagi hal yang mustahil.

Bagi sebagian besar orang yang tinggal di Jawa, Balikpapan itu bukan kota yang seksi buat dieksplor. Mending juga kalau piknik ke Kalimantan milih Derawan ya ngga? Tapi aku mau yang beda deh, so pada Oktober lalu aku laksanakan 3 hari menjelajahi kota Amplang ini sambal ngedrone ria. Niat amat sih? kebetulan sedang ada event Jambore drone nasional di sana.

Sebelum aku sampai di Balikpapan, tentunya sudah research dulu dong tentang tips travel di sana. Banyak sih yang pernah nulis itinerary dan sejenisnya, tapi aku percaya sama yang ditulis Pegipegi di blognya. Ada rekomendasi tempat-tempat seru di Balikpapan, kuliner, hotel, bahkan fakta-fakta uniknya.

blog Pegipegi (dok.pri)
blog Pegipegi (dok.pri)
Pelabuhan Semayang dan Makam Keramat

Momen setelah hujan reda di Balikpapan syahdu banget. Adem, kebiruan, apalgi sata droneku terbang di pelabuhan Semayang. Ini merupakan salah satu pintu masuk ke pulau Kalimantan via jalur laut. Jadi terbayang dulu orang-orang dari Samarinda, Bontang, atau mungkin Banjar dan Jawa masuk ke Balikpapan dari Semayang ini.

Kapal di Pelabuhan Semayang (dok.pri)
Kapal di Pelabuhan Semayang (dok.pri)
Aktivitas turun-naik penumpang, kapal dan speedboat yang lalu lalang, dan jangan lewatkan burung-burung elang. Meski ukurannya besar-besar, burung di Pelabuhan Semayang nampaknya ramah terhadap drone.

Makam Tukung (dok.pri)
Makam Tukung (dok.pri)
Oiya, tak jauh dari pelabuhan terdapat bukit kecil yang konon katanya adalah makam keramat bernama makam Tukung. Oleh warga setempat, aku disarankan agar tidak menerbangkan drone di atasnya. Baiklah, kita memang harus menghormati kepercayaan lokal dimanapun.

Baca : Itenerary 3D 2N di Balikpapan

Kampung Atas Air Beneran Ngambang

Ketika mendengar kata "kampung atas air" aku mengira ini hanya nama saja karena lokasinya tepat di pinggir laut. Eh tapi ternyata beneran lho rumah-rumahnya panggung di atas air laut. Nggak cuma 1 RT ya, ini luas banget. Bahkan sama pemerintah, lokasi ini sedang dikembangkan. Kalau sudah masuk rumahnya sih ngga beda kok sama rumah tapak di atas tanah.

Kampung Atas Air (Dok.Pri)
Kampung Atas Air (Dok.Pri)
Menerbangkan drone di sini juga ada aturannya ya. Sebab tetap di seberang kampung atas air ada objek vital Negara yaitu Pertamina. Aturannya memang ngga boleh kita dekat-dekat apalagi sampai memotretnya dari atas tanpa ijin.

Kampung Atas Air (Dok.pri)
Kampung Atas Air (Dok.pri)
Senja di Batu-Batu

Motret senja itu hal yang mainstream memang. Tapi sebagai negara kepualuan, tipikal senja di tiap daerah itu beda. Dan spot yang menarik untuk menikmatinya jika sedang di Balikpapan adalah pantai batu-batu. Kenapa namanya begitu? Karena ada bukit batu karang di tepinya yang menjorok ke laut. Ini keren lho karena bisa jadi framing foto udara dengan drone yang bagus.

Senja (dok.pri)
Senja (dok.pri)
Selain senjanya yang indah, kamu nggak perlu jauh-jauh blusukan, pantai batu-batu itu di seberang lapangan Merdeka kota Balikpapan nggak jauh dari kantor Walikota. Oiya, satu hal yang penting. GRATIS!

Masjid Agung At-Taqwa Yang Gemerlap

Saat malam tiba, kota Balikpapan memang tak seriuh Surabaya atau Bandung. Tapi menikmati ritmenya yang santai sembari melepas penat boleh juga lho. Banyak bangunan yang megah dan gemerlap kala malam tiba di kota ini. Tapi yang paling menarik perhatian adalah masjid Agung At-Taqwa.

Masjid At-Taqwa (dok.pri)
Masjid At-Taqwa (dok.pri)
Kabut Hutan Borneo Kebun Raya Balikpapan

Hal yang paling bikin penasaran saat research di blognya Pegipegi tentang Balikpapan adalah hutannya. Hutan Borneo, kesannya wow banget lah ya di seluruh dunia. Jam 6 pagi aku sudha tiba di kebun raya Balikpapan demi melihat kabutnya menggapai pucuk-pucuk pohon menjulang.

Kabut hutan (dok.pri)
Kabut hutan (dok.pri)
Suara serangga, satwa hutan, aroma tanah basah, ah...nikmat sekali rasanya.

Kebun raya Balikpapan dari atas (dok.pri)
Kebun raya Balikpapan dari atas (dok.pri)
Pantai Lamaru

Agak salah timing sih waktu ke pantai Lamaru. Tengah hari bukan pilihan tepat memotret dari darat maupun udara secara outdoor. Tapi, kalian bisa melihat kan? Keindahan pantai ini tetap memesona. Jangan lupa kalau ke pantai Lamaru beli kelapa muda yang bagi orang Jakarta terasa sangat murah eheheh.

Pantai Lamaru (dok.pri)
Pantai Lamaru (dok.pri)
Tips Menerbangkan Drone di Balikpapan

Bagi kamu yang memiliki drone pasti sudha tahu dong tentang aturan KKOP (Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan). Nah, Balikpapan punya Bandara Sepinggan yang cukup ramai. Untuk terbang di kota Balikpapan, pastikan tidak melebihi 100m ya. Amannya sih 50m saja. Selengkapnya tentang aerial video di Balikpapan karyaku, bisa ditonton nih!


Oiya katanya Balikpapan itu kota dengan biaya hidup mahal. Ehehe benar, pecel lele  di sini 30ribu lho. Tapi tenang, kalau kamu tipe backpacker kayak aku masih bisa survive kok, karena nggak semuanya mahal. Banyak restoran-restoran franchise yang harga dan rasanya sudah kita kenal. Dan yang paling penting, ojek online tersedia.

Nggak nyesel piknikan ke Balikpapan dan ngedrone ria di sana. Libur tahun baru di Balikpapan? Segera cek harga pesawat dan hotel biar dapat yang miring yess!!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x