Mohon tunggu...
H.I.M
H.I.M Mohon Tunggu... Administrasi - Loveable

Hanya orang biasa yang memiliki 1 hati untuk merasakan ketulusan, 1 otak untuk berpikir bijak dan 1 niat ingin bermanfaat bagi orang lain

Selanjutnya

Tutup

Karir Artikel Utama

Pecinta Alam Kini, Antara Hobi, Selingan, hingga Mata Pencaharian Menjanjikan

4 Agustus 2021   15:18 Diperbarui: 5 Agustus 2021   14:28 754 23 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pecinta Alam Kini, Antara Hobi, Selingan, hingga Mata Pencaharian Menjanjikan
Rombongan Pecinta Alam yang Tengah Mendaki. Sumber Kompas/ Muhammad Irzal A

Alam memang menawarkan sejuta daya tarik dan kebermanfaatan bagi makhluk hidup. Kita yang tinggal dan besar di Indonesia sangat beruntung memiliki tipografi alam yang beragam seperti laut, danau, gunung, lembah, sungai, bukit, hutan dan lain sebagainya. 

Ada banyak orang memiliki kecintaan untuk mengeksplor keindahan alam dengan tujuan menenangkan diri, mensyukuri karunia Tuhan, menantang diri hingga mencari kepuasan menjelajahi tempat baru. Kecintaan ini melahirkan suatu hobi dan komunitas baru yang dikenal sebagai pecinta alam.

Saya teringat ketika muncul film 5 cm yang mengangkat tentang kisah perjuangan 5 orang menaklukan Gunung Semeru sebagai gunung tertinggi di Jawa. Film ini seakan mengispirasi penonton tentang serunya menjelajahi alam dengan tetap menjaga alam. 

Tidak heran kemunculan film 5 cm melahirkan banyak pecinta alam baru diantara generasi muda termasuk saya. Awalnya saya tidak suka kegiatan alam seperti hiking justru terpanggil untuk melakukan hal sama. Apalagi berkuliah di Malang yang banyak lokasi eksotis dan dekat dengan Gunung Semeru.orld

Kenangan Saat Mendaki Gunung Semeru. Dokumentasi Pribadi
Kenangan Saat Mendaki Gunung Semeru. Dokumentasi Pribadi

Oktober 2013 menjadi momentum awal kecintaan saya menjelajahi alam. Melalui kisah unik, dosen saya memiliki teman yang bergabung dalam komunitas pecinta alam di Bali bermaksud ke Malang untuk mendaki Gunung Semeru. 

Dosen yang tertarik mengajak 3 mahasiswanya termasuk saya untuk gabung pendakian. Seorang teman saya pun mengajak beberapa teman mainnya untuk ikut gabung juga. Proses saling ajak mengajak ini akhirnya terdata 14 orang yang terlibat dalam pendakian. 

Selama 4 hari 3 malam menjadi masa pendakian Gunung Semeru yang sebagian anggota team adalah pendaki pemula. Di sini saya merasakan kebersamaan dan keindahan alam yang luar biasa. Menyelusuri Hutan dan bukit, berkemah di Ranu Kumbolo dan Kalimati, mendaki pasir di lereng Gunung Semeru hingga melihat keindahan matahari terbit (sunrise) dari atas gunung serta melihat keindahan pemandangan yang terbentang dari atas gunung. 

Saya belum mendedikasikan diri sepenuhnya kegiatan pecinta alam sebagai hobi. Baru sebatas kegiatan mengisi waktu senggang dikala waktu libur saja. 

Namun berbeda bagi Guntur, seorang junior saya di kampus. Dirinya menjadikan pencinta alam sebagai hobi dan mata pencaharian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN