Mohon tunggu...
Indah Nursari Dewi
Indah Nursari Dewi Mohon Tunggu... Indah

Kuliah

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Apakah Ada Risiko Menonton Film Bajakan di Media Sosial Telegram?

20 Juni 2021   03:02 Diperbarui: 20 Juni 2021   06:54 525 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apakah Ada Risiko Menonton Film Bajakan di Media Sosial Telegram?
https://www.centerklik.com/apa-aplikasi-telegram-cara-menggunakan-telegram/

Dikutip dari wikipedia Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan instan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis dan nirlaba. Klien Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler (Android, iOS, Windows Phone, Ubuntu Touch) dan sistem perangkat komputer (Windows, OS X, Linux). Para pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio, dan tipe berkas lainnya. Telegram juga menyediakan pengiriman pesan enkripsi ujung-ke-ujung opsional. Telegram dikembangkan oleh Telegram Messenger LLP dan didukung oleh wirausahawan Rusia Pavel Durov. Kode pihak kliennya berupa perangkat lunak sistem terbuka namun mengandung blob binary, dan kode sumber untuk versi terbaru tidak selalu segera dipublikasikan, sedangkan kode sisi servernya bersumber tertutup dan berpaten. Layanan ini juga menyediakan API kepada pengembang independen. Pada Februari 2016, Telegram menyatakan bahwa mereka memiliki 100 juta pengguna aktif bulanan, mengirimkan 15 miliar pesan per hari. https://id.wikipedia.org/wiki/Telegram_(aplikasi)

Apakah kalian sering menikmati tontonan streaming? menghabiskan waktu berjam-jam menonton serial tv atau drama korea yang sedang populer? berarti kalian memang salah satu generasi yang menonton tayangan itu secara mobile. Di tengah banyaknya pilihan menonton acara-acara baik di tv maupun melalui smartphone anda hadir juga beberapa platform resmi yang sekarang sudah cukup murah untuk berlangganan seperti Netflix dan Iflix. Apalagi di era covid-19 seperti ini yang tentunya kebanyakan bioskop di mall ditutup total karena adanya lockdown, dengan menonton film melalui aplikasi adalah cara yang paling mudah dan tidak perlu keluar rumah serta banyak sekali kelebihan dari menonton film secara mobile. Misalnya kita bisa dengan santai menonton film di rumah atau dikamar secara nyaman dan bisa dengan tiduran atau rebahan seperti di sofa, dikamar, di ruang tamu atau di manapun dan juga dapat menonton film dengan makan atau ngemil serta bisa di pause filmnya kapanpun yang diinginkan.

https://pandagila.com/bahaya-situs-streaming-film-bajakan/
https://pandagila.com/bahaya-situs-streaming-film-bajakan/

Tetapi situs streaming ilegal juga tidak kalah banyak dan dapat dikatakan pamornya cukup menjanjikan, dan dapat dikatakan tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar streming hanya dengan mendownload aplikasi. Salah satunya adalah aplikasi Telegram yang dapat menonton film apapun yang diinginkan hanya dengan mengunduh aplikasi Telegram tersebut, membuat akun atau sign up, lalu search film yang diinginkan di panel pencarian. Contohnya ingin menonton film Dilan 1990 dapat dilihat atau dicari dengan mengetik "Film DILAN 1990" dan akan muncul banyak sekali grup atau channels tentang film tersebut dan bisa mendownload lalu menontonnya, tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar film tersebut seperti dengan menggunakan akun sosial media Netflix yang diperlukan jika ingin log-in dan menonton ada bayarannya yang bisa di bayar setiap bulannya. Sedangkan dengan menggunakan akun Telegram hanya dengan mendownload dan dengan modal kuota saja. Dan juga ada beberapa situs online film ilegal lainnya seperti situs Drakorindo, situs yang menawarkan drama korea terbaru yang bersubtitle indonesia seperti drama korea The World of the Married, selain Drakorindo ada juga situs Dramakoreaindo. Nyatanya menonton film streaming seperti drama korea atau film yang lainnya membawa dampak negatif, karena menumbuh kembangkan pembajakan film di Indonesia. Alih-alih membagikan link tempat pengguna bisa mengunduh film, channel dan grup Telegram tersebut mengunggah film-film tersebut ke server cloud Telegram. Dengan begitu, pengguna bisa mengunduh film atau lagu hanya dengan satu sentuhan dan langsung disimpan ke smartphone mereka. Namun, ada juga sejumlah channel yang mengarahkan pengguna ke link atau tautan untuk mengunduh film bajakan.

https://judd-peloo.blogspot.com/2021/03/friend-zone-2019-thai-sub-indo-review.html
https://judd-peloo.blogspot.com/2021/03/friend-zone-2019-thai-sub-indo-review.html

Dengan menonton film secara ilegal dapat menyebabkan risiko yang terjadi terutama misalnya yang terjadi kepada para cinemas yang paling merasakan akibat dari adanya akun-akun ilegal seperti Telegram, mereka sibuk membuat film kemudian perlu menggunakan karyawan, yang seharusnya mendapat keuntungan tetapi berbanding terbalik dan mendapatkan kerugian, karena penonton lebih banyak memilih ke situs streaming film yang ilegal. Dampak negatif atau risiko lainnya menonton streaming film online secara ilegal adalah dapat membuat pendapatan negara berkurang, karena situs-situs ini tidak membayar pajak. Serta adanya bahaya lainnya bagi yang menontonnya karena bisa saja situs yang terbuka secara otomatis dari ketika mengklik streaming film tersebut mengandung malware yang merusak perangkat komputer atau ponsel. Pada intinya hal tersebut merupakan keputusan dari setiap masing-masing individu apakah ingin menonton film bajakan yang memiliki beberapa risiko atau menonton film secara berlangganan.

VIDEO PILIHAN