Mohon tunggu...
Ikrom Zain
Ikrom Zain Mohon Tunggu... Tutor - Content writer - Teacher

Hanya seorang pribadi yang suka menulis | Tulisan lain bisa dibaca di www.ikromzain.com

Selanjutnya

Tutup

Joglosemar Artikel Utama

Tak Lagi Disinggahi Banyak Kereta Api, Solo Jebres Kini Terasa Lebih Sunyi

23 Juni 2021   09:39 Diperbarui: 24 Juni 2021   12:47 5476
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagian depan Stasiun Solo Jebres. - Dokumentasi Pribadi

Lantaran menghemat biaya perjalanan pulang dari Jogja ke Malang, saya naik kereta api Matarmaja pada suatu hari.

Kereta ini tidak melewati Jogja sehingga saya harus menuju Solo terlebih dahulu. Apesnya, Matarmaja berhenti di Stasiun Solo Jebres. Kereta ini tidak berhenti di Stasiun Solo Balapan ataupun Purwosari. 

Saya jarang sekali menemui kereta api yang berhenti di Solo Jebres. Terakhir kali, saat naik KA Majapahit dulu dari Malang, kereta ini singgah di stasiun yang berada di timur Surakarta itu.

Naasnya lagi, tidak ada tes screening Covid-19, baik GeNose maupun swab antigen di Stasiun Solo Jebres. Pihak KAI menyarankan saya lewat pesan pribadi agar saya melakukan tes tersebut di Stasiun Solo Balapan. 

Untunglah, saya masih sempat melakukan tes GeNose di Stasiun Yogyakarta sebelum naik KRL ke Solo. Kereta Matarmaja yang sedianya akan saya naiki baru tiba jam 8 malam.

Setelah tiba di Solo sore hari dan makan Selat Solo sebentar, saya pun langsung menuju Stasiun Solo Jebres tepat setelah maghrib. Sesampainya di sana, saya kaget bukan kepalang. Stasiun ini bukan saja tak ada tanda-tanda kehidupan, tetapi saya seakan berada di cerita film yang mengisahkan tokohnya di sebuah tempat asing.

Saat saya berada di ruang tunggu, tak ada orang sama sekali. Loket tiket terlihat tutup. Hanya mesin cetak mandiri yang masih menyala. Suara gema anak-anak mengaji dari masjid sekitaran stasiun terdengar jelas. 

Tak ada petugas, tak ada tukang becak, tak ada tukang ojek, tiada porter, bahkan satu pun pedagang makanan atau minuman tak terlihat sama sekali.

Kok sepi??? - Dokumentasi Pribadi
Kok sepi??? - Dokumentasi Pribadi
Saya memutuskan untuk mengisi ponsel saya di tempat pengisian baterai yang sudah disediakan. Baru pertama kali ini saya merasa benar-benar sendiri dan seakan menguasai area stasiun yang begitu luas. 

Saya bisa selonjoran sebentar sembari menyantap menu makan. Selepas itu, saya pun menonton video Miss Universe dari tahun baheula hingga akhirnya bosan sendiri.

Main ponsel hingga bosan sendiri. - Dokumentasi Pribadi
Main ponsel hingga bosan sendiri. - Dokumentasi Pribadi
Lantaran sudah bosan bukan kepalang, saya pun akhirnya memutuskan untuk menuju bangunan utama yang terletak terpisah dari bangunan ruang tunggu dan loket. 

Bangunan Stasiun Solo Jebres yang berdiri sejak 1884 ini merupakan salah satu bangunan yang dilindungi oleh Pemerintah Surakarta. Bangunan utama stasiun ini tidak dirombak dan terlihat masih seperti aslinya.

Hanya mesin counter yang menyala. Entah siapa yang akan menggunakannya. - Dokumentasi Pribadi
Hanya mesin counter yang menyala. Entah siapa yang akan menggunakannya. - Dokumentasi Pribadi
Saya mulai memotret dengan leluasa karena suasana amat sepi dan belum ada petugas yang mengingatkan saya. Takjub dengan gaya Indische Empire berlanggam neoklasik yang menjadi ciri khas bangunan ini, saya benar-benar terkesima akan perawatannya. Masih utuh dan tanpa banyak kerusakan seperti yang saya temui di Stasiun Cirebon Kejaksan.

Masih utuh dan terawat baik. - Dokumentasi Pribadi
Masih utuh dan terawat baik. - Dokumentasi Pribadi
Saya terkesima dengan langit-langit stasiun yang kaya akan ornamen. Jendela berbentuk setengah lingkaran kian memberi kesan mewah pada stasiun yang dulunya milik Staats Spoorwegen (SS) ini. 

Stasiun ini juga memiliki atap yang tinggi sehingga kesan lega sangat terasa ketika kita memasukinya. Meski sebenarnya, jika ditinjau dari ukuran luas, stasiun ini tidak terlalu luas dibandingkan stasiun kelas besar lain semisal Cirebon Kejaksan atau Malang.

Keunikan yang paling saya suka adalah adanya detail jalusi pada pintu yang bernuansa Art Nouveau serta penempatan garis-garis list pada dinding. Detail pada pintu ini mengingatkan saya pada SMA saya dulu yang begitu khas dengan uliran sulur di atas pintu. 

Sungguh, memotret stasiun ini kala menunggu kereta datang dalam suasana sepi seperti ini adalah keasyikan tersendiri. Makanya, bagi para Railfans terutama yang berada di Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Stasiun Solo Jebres adalah salah satu spot andalan untuk mendapatkan hasil jepretan yang ciamik.

Detail jalusi yang menawan. - Dokumentasi Pribadi
Detail jalusi yang menawan. - Dokumentasi Pribadi
Sepinya stasiun ini bukan tanpa sebab. Sejak tahun 2014-an, hampir seluruh kedatangan dan keberangkatan kereta api kelas ekonomi berpindah ke Stasiun Purwosari. 

Dulu ada adagium bahwa kereta eksekutif dan bisnis singgah di Solo Balapan sedangkan kereta ekonomi singgah di Solo Jebres. Balapan untuk eksekutif dan Jebres untuk ekonomi. Kini, mahkota kelas ekonomi itu harus diserahkan ke Purwosari sejak 2014.

Pasar jebres tampak indah di seberang stasiun ini, - Dokumentasi Pribadi
Pasar jebres tampak indah di seberang stasiun ini, - Dokumentasi Pribadi
Sejak kepindahan itu, praktis hanya kereta yang melewati petak Semarang-Solo saja yang singgah di Solo Jebres. Kereta yang melewati petak Jogja dan Cirebon seperti KA Sri Tanjung kini beralih singgah di Purwosari. Itu pun kini tak semuanya singgah setiap hari karena adanya pembatasan perjalanan akibat Covid-19. 

Hanya 4 kereta yang dijadwalkan singgah di sini, yakni Brawijaya, Brantas, Matarmaja, dan Majapahit. Tiga dari empat kereta tersebut merupakan kereta relasi Malang-Jakarta yang tidak singgah di Yogyakarta dan melewati jalur Semarang-Solo yang terkenal sepi.

Suasana khas Kasunanan Surakarta amat terasa di stasiun ini. - Dokumentasi Pribadi
Suasana khas Kasunanan Surakarta amat terasa di stasiun ini. - Dokumentasi Pribadi
Uniknya, dari Gapeka 2021, hampir semua kereta itu singgah di stasiun ini dari sore hari hingga dini hari. Tidak ada satu pun kereta yang singgah saat pagi atau siang hari. 

Bisa jadi, inilah alasan tidak adanya tukang ojek, tukang becak, atau pun pedagang makanan yang mengasi rezeki di stasiun ini. Bahkan porter pun tak terlihat sama sekali. Entah jika dini hari, barangkali mereka hadir di stasiun ini.

Aktivitas di Stasiun Solo Jebres pun baru terlihat menggeliat sekitar jam 7 malam. Seorang petugas loket membuka satu-satunya loket di stasiun itu. Ia mulai melayani satu-satunya calon penumpang yang menunggu untuk mengubah jadwal perjalannya. Calon penumpang tersebut datang menyelamatkan saya dari kesepian dan kengerian suasana malam.

Langit-langit yang tinggi. - Dokumentasi Pribadi
Langit-langit yang tinggi. - Dokumentasi Pribadi
Lalu, satu per satu penumpang datang meski jumlahnya saya hitung tak sampai 20 orang. Kebanyakan dari mereka baru melakukan tes GeNose di Solo Balapan. 

Satu keluarga bercerita mereka hampir saja lupa bahwa di stasiun ini tidak tersedia tes covid-19. Untunglah, kepadatan tes Covid-19 di Solo Balapan tidak parah.

Setengah jam sebelum kereta tiba, beberapa petugas mulai melakukan tugasnya seperti mengecek tiket dan lain sebagainya. 

Jika diibaratkan, aktivitas stasiun ini layaknya kelelawar yang mulai nampak saat malam hari. Meski tentu, selama 24 jam stasiun ini juga penting dalam lalu lintas perkretaapian Jawa bagian selatan karena merupakan percabangan antara jalur selatan dan jalur utara.  

Sambil menunggu kereta datang, saya penasaran apakah stasiun ini memang sengaja dibiarkan seperti ini. Menyandang status stasiun percabangan dan menyerahkan mahkota keramaian ke Stasiun Purwosari. Terlebih, stasiun ini juga tidak dilewati KRL Solo-Jogja.

Penumpang yang tak sambai 20 orang. - Dokumen pribadi
Penumpang yang tak sambai 20 orang. - Dokumen pribadi
Ternyata, usaha untuk menghidupkan stasiun ini sebagai salah satu wisata sejarah pernah akan dilakukan. Salah satunya adalah penataan shelter bagi pejalan kaki di sekitar stasiun. Nantinya, penumpang yang turun dari BRT Solo Trans bisa berjalan nyaman di sini. 

Meski demikian, saya belum menemukan tanda-tanda dari rencana ini. Wisata cagar budaya yang dicanangkan oleh Pemkot Solo pun masih sebatas berfoto sambil menunggu kereta datang seperti yang saya lakukan.

Padahal, stasiun ini bisa jadi sumber belajar mengenai posisi strategis kota Solo yang mempertemukan 4 jalur kereta api Pulau Jawa. Posisinya yang seakan sebagai perempatan jalan raya membuat Solo memiliki 4 stasiun aktif. Jumlah yang cukup banyak dan semuanya masih sama-sama penting. 

Keunikan pun semakin bertambah lantaran Stasiun Solo Jebres sebenarnya berdiri di atas lahan milik Kasunanan Surakarta. Entah benar atau tidak, suasana Kasunanan sangat terasa jika mengamati berbagai ornamen dalam stasiun ini.

Peta rute kereta api di wikayah Jogja, Solo, dan Semarang, - Yusuf Abdurrahman.com
Peta rute kereta api di wikayah Jogja, Solo, dan Semarang, - Yusuf Abdurrahman.com
Sambil tetap menunggu wabah Covid-19 yang masih mengganas, kita menunggu perubahan yang baik tanpa meninggalkan ruh asli dari Stasiun Solo Jebres ini. Lantaran, tidak semua stasiun masih terasa asli yang terawat hingga kini.

Sumber:

(1) (2)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Joglosemar Selengkapnya
Lihat Joglosemar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun