Mohon tunggu...
Ikhwan AshariYanuar
Ikhwan AshariYanuar Mohon Tunggu... Freelancer - Masih belajar, terus belajar, dan belajar terus.

Mahasiswa UIN SGD Bandung

Selanjutnya

Tutup

Money

J&T Solusi Bisnis di Tengah Persaingan Dagang

14 Desember 2019   17:11 Diperbarui: 14 Desember 2019   17:18 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Pengalaman saya menggunakan jasa pengiriman J&T, bermula saat ingin membeli sebuah buku bahasa Arab. Buku tersebut direkomendasikan kepada para mahasiswa dari dosen untuk dijadikan buku rujukan untuk digunakan dalam perkuliahan mata kuliah bahasa arab. 

Semula saya mencari buku itu bukan dengan layanan e-commerce, melainkan mencari ke setiao toko buku di Bandung. Rela hujan-hujanan, hanya untuk mencari buku tersebut. Hari itu kenapa saya tidak langsung terfikir untuk membelinya online karena belum pernah menggunakannya, tidak tau caranya, dan takut kena tipu.

Hasil pencarian itupun nihil. Mencari ke toko buku ternama seperti Gramedia, Togamas, Mizan, bahkan sampai Palasari tidak saya temukan buku dengan cover kuning hitam berjudul Durusul lughah. Lelah, lapar, haus, ngantuk, dan uang menipis diderita karena resiko mengambil jalan yang saat ini dibilang rumit. 

Akhirnya karena lelah tidak kunjung dapat bukunya, saya minta bantuan teman dekat saya dari awal kuliah sampai saat ini saya menulis tulisan ini yang juga membeli buku itu secara online disalah satu platform e-commerce andalannya christiano ronaldo, Shopee. Mencari-cari menggulirkan daftar produk buku tersebut mencari yang paket lengkap dan harga murah. Akhirnya dapat dan pesan saat itu juga. 

Ketika mengisi jasa pengiriman apa yang digunakan, saya terfikir kalau saya butuh buku itu secepat mungkin, dan yang pertama saya lirik adalah JT Express. Kata express dibelakang huruf J dan T itu membuat saya berasumsi kalau itu jasa pengiriman yang cepat. Di aplikasi tersebut tertera bahwa barang akan diterima 3-7 hari setelah pemesanan. 

Ketika sudah membuat pesanan dan semua sudah diisi lengkap, lalu membayar dengan sejumlah uang yang sudah disediakan sebelumnya. Dan tinggal menunggu pesanan dikemas, dan diantarkan lewat J&T Express. Sebetulnya pikir saya harap-harap cemas, takut tibanya barang di tangan saya itu tidak tepat pada waktunya. 

Namun, persepsi saya berubah ketika sedang asik bermain game di laptop ada yang berteriak "PAKEEEETTT!! PAKET DATANG UNTUK SAUDARA IKHWAN ASHARI!". Berfikir sebentar, paket apa ya?. Ketika kurir menyerahkan paket tersebut ternyata itu adalah buku bahasa arab yang saya pesan secara online. Hanya dalam waktu dua hari, paketnya sudah sampai. Padahal estimasi waktu dari Shopee 3-7 hari setelah pemesanan. Super sekali. 

Mulai Kepo Dengan Aplikasi 

Karena J&T merupakan salah satu Industri Logistik di Era 4.0 terbesar, pastinya ada aplikasi yang mudah di download dan digunakan. J&T kini dapat diakses lewat aplkasi yang bisa didownload di Play Store. Fitur-fitur yang simpel dan mudah dimengerti disenyapkan pada aplikasi ini. Fitur yang paling sering digunakan adalah pelacakan barang. Fitur ini digunakan untuk melacak sudah sampai manakah paket kita. 

J&T bersama Pedagang

Karena saya tertarik dengan bisnis online, karena majunya teknologi di era 4.0 ini tentunya saya juga akan terfikir tentang industri logistik yang bisa membuat bisnis online saya semakin lancar dan berkembang. Tentunya, J&T yang akan menjadi salah satu prioritas pilihan saya dalam berbisnis mengikuti perkembangan industri kreatif saat ini. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun