Mohon tunggu...
Mercy
Mercy Mohon Tunggu... Ibu dua anak remaja, penggiat homeschooling, berlatarbelakang Sarjana Komunikasi, Sarjana Hukum dan wartawan

Pengalaman manis tapi pahit, ikutan Fit and Proper Test di DPR.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Jokowi yang Tidak "Meng-Entertain" Kesedihannya

27 Maret 2020   00:52 Diperbarui: 27 Maret 2020   00:58 29 3 1 Mohon Tunggu...

Sejak tersiar wafatnya Sang Bunda, ketegaran seorang Joko Widodo sangat terkonfirmasi. Kekuatan hati dan jiwa yang terpancar Joko Widodo, yang sering dikatakan, hasil didikan Ibunya,  menjadi inspirasi bagi Indonesia bahkan pemimpin dunia saat  ini.

Para menteri, pejabat dan masyarakat diminta menyampaikan duka cita da;a, doa di dalam hatinya dan di rumah masing-masing. Tidak perlu  show off alias setor muka hadir ke rumah duka atau  memaksa hadir sampai ke makam keluarga di Karanganyar Jawa Tengah. 

Lagi pula, pengambilan keputusan itu mengkonfirmasi bahwa Presiden Joko Widodo membuat peraturan yang ia dan keluarganya penuhi, tepati, dan dilakukan sepenuh hati.

Aturan  Joko Widodo tepat dalam situasi dan kondisi saat ini,  bahkan mungkin layak diteruskan untuk masa nanti bagi para pemimpin.  

Bunda Jokowi  yang terdeteksi kanker meninggal di Rumah Sakit Slamet Riyadi Solo, Rabu, 25 Maret 2020 pukul 16.45,  saat  kota Solo dinyatakan Kejadian Luar Biasa KLB virus corona. 

Dan sesuai kehendak Sang  Maha Kuasa, Ibu berputra satu dan berputri tiga orang ini dipanggil tepat Hari raya Nyepi, hari raya suci Umat Hindu.  Nyepi merupakan saat menyucikan diri,  saat  menjadi pengingat kepergian Bunda Presiden Indonesia, sambil merenung, kapan saatnya kita juga dipanggil Sang Maha Kuasa.

Dari televisi, kita melihat duka saat upacara pelepasan jenazah Ibu Noto --yang sangat berperan menguatkan Jokowi menapaki suratan tangannya sebagai alumni Fakultas Kehutanan UGM, pengusaha mebel yang bangkrut, menjadi Walikota Solo, Gubernur Jakarta, sampai dua periode menjadi Presiden Indonesia.

Saat di rumah duka, Foto Jokowi yang begitu hati-hati menata untaian bunga di peti mati sang ibu, membuat siapapun bisa membaca makna tersirat, betapa penghormatan seorang anak kepada ibunya tercinta. 

Satu foto lagi yang viral adalah foto Pak Jokowi yang sendirian, tertunduk di pojok rumah, yang sudah disukai lebih dari 50 ribu itu viral  di berbagai WA grup. Maaf,  foto yang kedua ini menurut saya adalah moment yang sangat pribadi sehingga tidak layak foto tersebut menjadi konsumsi masyarakat.  

Ibunda Berpulang, saat berat Jokowi sebagai Presiden

Selepas upacara pemakaman Bu Noto tuntas selesai, sang Presiden Republik Indonesia langsung kembali ke Jakarta, ke tanggung jawabnya sebagai pemimpin. 

Di televisi kita melihat, Presiden Jokowi langsung mengikuti konferensi online streaming bersama para kepala negara membahas antisipasi Covid-19.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN