Mohon tunggu...
Lidwina Kristantia
Lidwina Kristantia Mohon Tunggu... Konsultan - Mojang Bandung Mendunia

Pemegang penawaran kerja dari salah satu perusahaan konsultan ternama di London. Mojang Bandung :) Berbagi pengalaman tentang hidup di luar negeri, khususnya London, UK.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Kuliah dengan Beasiswa Parsial dan Beasiswa Lainnya untuk Menggali Ilmu ke Britania Raya

24 November 2021   03:49 Diperbarui: 27 November 2021   13:46 598 10 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Saya dengan teman-teman dari Indonesia di London, sumber: Dokumen Pribadi

Saya cukup beruntung karena saya dapat berangkat dengan mengantongi beasiswa parsial dari British Council, lembaga dari Britania Raya yang fokus dengan pendidikan (sumber: britishcouncil.org). 

Beasiswa ini tidak saya dapatkan dengan mudah, saya harus melewati beberapa tahap dan juga saya mengalami kegagalan di beasiswa-beasiswa lainnya. Di situ saya melihat bahwa beasiswa bukan hanya untuk mereka yang pintar tetapi juga mereka yang bekerja keras. 

Berikut saya cantumkan detil lebih lanjut tentang beasiswa dari British Council ini beserta beberapa lembaga lainnya yang juga menawarkan beasiswa ke universitas di Britania Raya.

British Council IELTS Prize

Program ini dibuat untuk membantu calon murid dari Asia Timur dan Tenggara dalam pendidikan impian mereka, dengan memberikan santunan tanpa ikatan. 

Santunan yang diberikan mulai dari £1,000 sampai £40,000 dan dapat dipakai untuk program undergraduate atau postgraduate (sumber: ieltsasia.org). Adapun syarat-starat yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut (sumber: cranfield.ac.uk):

  • Residen permanen dari salah satu negara tujuan (Indonesia termasuk dalam list tersebut)
  • Menggunakan IELTS untuk pendaftaran universitas, lokasi dapat dimana saja tanpa batasan asal menerima IELTS sebagai persyaratan Bahasa Inggris
  • Melakukan tes IELTS sejak 1 April di tahun periode kompetisi dibuka
  • Minimum band 6 di setiap komponen IELTS (Reading, Listening, Speaking, Writing)
  • Dapat memberikan surat penawaran (offer letter/acceptance letter) dari universitas maksimum bulan Juli dari periode penerimaan yang disepakati, biasanya tahun setelah kompetisi dibuka.

Prosesnya pun bisa dibilang cukup singkat dibandingkan beasiswa lainnya, yaitu mengisi online form dan jika lolos akan menampilkan presentasi di depan pihak British Council yang topiknya disesuaikan. 

Ada kesempatan untuk berkompetisi dengan peserta negara-negara lainnya jika juara pertama di tahap wilayah Indonesia. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di sini

Tips yang bisa saya berikan di program anti-mainstream ini adalah menampilkan kompetensi dan menjelaskan dengan baik mengapa memilih universitas/ jurusan tersebut. 

Juga maksimalkan nilai IELTS, terutama di aspek reading dan listening dimana peserta dapat mendapatkan nilai sempurna (9) yang akan mendongkrak nilai rata-rata IELTS secara keseluruhan. Berikut juga saya lampirkan list pemenang pada periode 19/20 di sini

LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Tentunya program yang satu ini sudah familiar di telinga para pencari beasiswa. Beasiswa yang membiayai biaya kuliah dan biaya hidup ini cukup banyak peminatnya karena bisa dibilang peserta dapat kuliah tanpa biaya, dan bisa mewujudkan mimpi siapapun yang ingin studi di luar negeri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan