Mohon tunggu...
Uut63
Uut63 Mohon Tunggu... Dosen - Pendidik UPGRIS

Sebagai seorang pendidik (sejak 1981), saya selalu ingin meningkatkan kualitas diri. terutama sebagai pribadi Muslim, saya sangat interest dengan berbagai ajaran yang mengajak ke jalan kebaikan, dan keselamatan dunia akherat. Di setiap tatap muka dengan mahasiswa, saya juga selalu mengingatkan akan hal ini. Di usia yang tidak lagi muda, saya ingin selalu bisa menebar kebaikan. Mudah-mudahan tidak saja bermanfaat untuk diri saya sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Saat ini, saya sedang ingin membuktikan talenta pemberian Allah yang tidak saya sadari. Membaca, menyimak (mendengarkan dan memcermati), kemudian menuliskannya. Sesekali saya masih suka bergabung dengan teman, sahabat untuk menyanyi. Sembari menunggu anugerah Allah untuk bisa segera menuntaskan studi S3, saya ingin melakukan apa saja hal-hal yang bermanfaat. Setidaknya ini merupakan salah satu bentuk syukur pada-Nya. Semoga Allah ridla.

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Isi Waktu di Usia Senja

20 Januari 2023   23:26 Diperbarui: 20 Januari 2023   23:29 287
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Assalamu'alaikum, Selamat malam Sahabat Kompasiana,

Wah..., pasti sudah banyak yang menuju lokasi refreshing nih. Hati-hati di jalan. Nikmati perjalanan, tidak perlu tergesa agar selamat sampai tujuan, dan temukan kebahagiaan.

Sahabat, malam ini lalu lalang di benak saya berbagai keinginan dan harapan. Sibuk memang, tetapi hati senang. Saya sungguh bersyukur karena beberapa kewajiban dapat diselesaikan. 

Sejumlah pekerjaan baru di depan mata, semua harus bisa saya selesaikan dengan baik. Insya Allah dengan pertolongan Allah, saya akan bisa meraihnya. Amin.

Sahabat, pernahkah Anda dalam kesibukan seperti ini? Bagaimana mengkondisikannya? 

Di usia yang tidak muda lagi, rasanya saya malah semakin banyak kegiatan. Alhamdulillah, Insya Allah saya niatkan untuk ibadah. Mudah-mudahan Allah masih memberikan kesempatan cukup waktu pada saya untuk mengambil peran demi kemaslahatan. 

Seorang teman bertanya, "Apa tidak capai ta, Bu. Penjenengan ki wis sepuh, lo!" 'Anda itu sudah usia, lo', justru inilah yang menjadikan saya melakukannya. Saya merasa di hampir separoh usia saya mungkin belum begitu banyak saya melakukan hal yang bermanfaat untuk orang lain. 

Saya ingat postingan teman-teman di berbagai GWA, di antaranya isi usia tua dengan hal-hal yang bermanfaat, dan membuatmu bahagia, jalin silaturahmi dengan banyak teman, sahabat, saudara (supaya panjang usia, murah rezeki), lakukan apapun yang kau suka semampumu dengan hati bahagia. Ya, dan inilah yang sedang saya hayati.

Sobat Kompasiana, terkhusus pada sesama lansia, mengisi hari-hari di usia senja dengan berbagai kegiatan adalah sebuah keniscayaan. Kita tidak boleh hanya duduk diam di rumah sambil momong cucu. Jangan! Meskipun kita tidak bisa lagi segesit kaum Milenial, tidak lagi sekuat kawula muda, tetapi kita punya jiwa yang masih harus 'dihidupi'. 

Cucu, itu bagian dari kebahagiaan kita, tetapi bukan tanggung jawab kita. Mereka ada orang tuanya. Jika kita mampu, mengapa tidak? Lakukanlah, agar kita tetap sehat, panjang usia  dan bahagia. 

Seperti yang saya lakukan. Dimulai dari saya menemukan chat di salah satu GWA yang mengajak untuk menulis Antologi. Alhamdulillah, saat itu Allah membukakan hati saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun