Mohon tunggu...
Sahabat Husnil
Sahabat Husnil Mohon Tunggu... Penulis - Penulis

Saya bernama Husnil Mubarak, berasal dari Kota Parepare, daerah yang sangat kecil namun sering di sebut Tana Uddani (bahasa bugis) yang berarti tanah yang selalu di rindukan. Memang Kota Parepare di apit oleh tiga daerah yakni Pinrang, Sidenreng Rappang dan Barru.

Selanjutnya

Tutup

Makassar

Akibat Korsleting Listrik, Satu Unit Rumah Nyaris Ludes Terbakar

15 Juli 2022   10:13 Diperbarui: 15 Juli 2022   10:18 32 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Dok Damkar Parepare


PAREPARE -- Satu Unit rumah di Andi Cammi (belakang Alfamart Labukkang), nyaris saja dilahap api, pasalnya terjadi korsleting listrik pada plafon kayu yang lapuk  di rumah milik Ami Tabah, Kamis (14/7/2022) malam.

Melalui pelayanan publik dengan Sistem Informasi Layanan Peduli Pengaduan, Penanggulangan dan Penyelamatan (SILP4), Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Parepare, mengerahkan 3 unit mobil penembak, 4 unit mobil tangki untuk suplai air, dan seluruh personil menuju ke lokasi.

Pemadaman dipimpin langsung Kepala Bidang Evakuasi dan Penanggulangan Kebakaran, Syafruddin Sjam. Dilokasi, ia mengerahkan Tim khusus yang terlatih cepat dalam menangani kebakaran tersebut.

"Alhamdulillah, dengan cepat api berhasil kami kuasai, sehingga tidak menyebar ke rumah warga. Karena tempat kejadiannya sangat padat rumah penduduk dan mobil penembak tidak bisa masuk," ujarnya.

Kabid dengan sapaan Pallung ini menambahkan, jadi kami ada Tim yang dilatih khusus, yang diberi nama TEMANNYA API Unit Reaksi Cepat (URC). Yang mana personil tersebut dipilih melalui seleksi antara pasukan, dan kami bentuk kemudian melakukan pelatihan pemadaman kebakaran dengan cepat.

" Personil Tim TEMANNYA API URC yang kami rekrut, itu masih muda dan lincah, juga dibekali dengan ilmu serta teknik kebakaran dan penyelamatan. Mereka berhasil menaiki lantai 2 alfamart, agar lebih mudah menjangkau titik api dan melakukan isolasi terhadap rumah yang terbakar dari rumah penduduk lainya. Karna tidak ada jalur kendaraan untuk masuk dilokasi," ungkapnya.

Dengan cara itu, lanjut Pallung, Tim TEMANNYA API URC sukses memadamkan api dengan ilmu dan teknik yang dibekali oleh para pelatih. Hal itu disampaikan setelah melakukan evaluasi terhadap TIM TEMANNYA API URC pada kejadian kebakaran kapal Frince Soya di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare.

"Saya sebagai Kabid sangat berterimakasih kepada TIM TEMANNYA API URC, karena apa yang sudah dibekalkan, mulai dari ilmu dan teknik. Itu diterapkan dengan baik, "pungkasnya.

Respon cepat dan teknik pemadaman petugas pemadam Disdamkar Kota Parepare yang berhasil memadamkan api mendapat sorakan kegembiraan dan aplaus dari masyarakat yang berada dilokasi kebakaran.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Makassar Selengkapnya
Lihat Makassar Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan