Mohon tunggu...
Hindun Humaira
Hindun Humaira Mohon Tunggu... A student of communication science.

Trying to be stoic and living mindfully.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Siapa Bilang Introvert Itu Pemalu dan Tidak Cocok Jadi Pemimpin?

6 Maret 2021   10:31 Diperbarui: 6 Maret 2021   10:35 155 4 0 Mohon Tunggu...

Mayoritas masyarakat sering kali menilai bahwa seorang introvert adalah sifat kepribadian orang pendiam, sulit bergaul dengan lingkungannya, dan tertutup. 

Media memiliki peran yang signifikan dalam membangun konstruksi sosial di masyarakat tentang persepsi dari introvert. Salah satu contohnya dalam film berjudul HER, pemeran utama bernama Theodore digambarkan sebagai sosok introvert yang pendiam, kesepian, dan senang bermain game. 

Kesalahan persepsi ini menyebabkan banyak juga orang yang melakukan self-diagnose tentang kepribadiannya sendiri, dan dengan mudah menganggap bahwa iya adalah seorang introvert. Lalu sebenarnya introvert itu kepribadian yang seperti apa, sih?

Apa itu kepribadian introvert?
Introvert adalah satu tipe kepribadian pada diri manusia, yang lebih cenderung berfokus pada sisi internal dirinya sendiri. 

Stereotip masyarakat menilai introvert sebagai pribadi yang pendiam, tenang, dan introsfektif. Namun perlu kita pahami bahwa kepribadian introvert tidak sama dengan dengan pemalu ataupun kecemasan sosial (social anxiety).

Dikutip dari Psychology Today, introvert adalah orang yang mendapatkan energi lebih banyak ketika ia menyelami dirinya sendiri. Seorang introvert bukan berarti orang yang selalu menyendiri dan tidak dapat bersosialisasi dengan dunia luar. 

Mereka tentu saja seperti manusia pada umumnya yakni membutuhkan interaksi sosial, namun interaksi sosial yang terus menerus dapat membuat seorang dengan kepribadian introvert merasa lelah dan kehabisan energi. 

Hal ini berbanding terbalik dengan ekstrovert, yang melakukan recharge energi dengan cara menghabiskan waktu bersama banyak orang.

Apakah introvert bisa menjadi seorang pemimpin?
Jawabannya tentu bisa! Seorang introvert adalah orang yang senang memperhatikan secara detail dan mengawasi sekelilingnya. Mereka juga memiliki keunggulan dalam mendengarkan secara efektif. 

Hal ini menjadi poin plus karena seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mama mendengar pendant dan masukan dari orang-orang yang dipimpinnya. 

Tentunya kamu tidak asing jika mendengar nama Barack Obama, Mark Zuckerberg, dan Bill Gates. Tahukah kamu bahwa tiga nama besar tersebut ternyata memiliki kepribadian introvert? Nah, mereka adalah bukti nyata bahwa seorang introvert mampu menjadi pemimpin yang baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN