Mohon tunggu...
Hindi Musdalifah
Hindi Musdalifah Mohon Tunggu... HINDI MUSDALIFAH

Mahasiswa UNUSA

Selanjutnya

Tutup

Karir

Pengalaman Mengikuti International Model United Nations

4 Mei 2021   20:11 Diperbarui: 5 Mei 2021   07:01 134 1 0 Mohon Tunggu...

Hari Sabtu, 01 Mei 2021 dan Minggu, 02 Mei 2021. Aku mengikuti International Model United Nations (IMUN). Apa itu IMUN ? IMUN merupakan sebuah simulasi konferensi simulasi sidang PBB dengan metode diskusi, diplomasi dan negosiasi agar mendapatkan sebuah resolusi untuk memecahkan permasalahan suatu negara.Di IMUN (International Model United Nations) ini aku menjadi delegasi negara Israel di mana Aku mempresentasikan mengenai isu-isu di negara Israel. Terus bagaimana aku bisa menjadi delegasi negara Israel? jadi saat pendaftaran kamu akan disuruh memilih counsil sesuai minat kamu, disini ada 12 counsil yang bisa kamu pilih seperti IMF, UNESCO, WHO, UNDP dan lain-lainnya.  Waktu pendaftaran Aku memilih counsil IMF, setelah itu untuk pemilihan kamu akan menjadi delegasi negara mana itu  dipilihkan oleh pihak IMUN namun tetap berdasarkan pilihan counsil yang sudah kamu pilih. Di konferensi ini aku membahas mengenai dana moneter internasional negara Israel. 

Selama aku mengikuti IMUN Aku memiliki teman baru dari berbagai negara, ini merupakam suatu pengalaman yang berharga karena aku saling berbagi pengetahuan mengenai isu-isu yang terjadi di seluruh dunia dengan teman dari berbagai negara.  Semenjak aku aktif mengikuti konferensi banyak sekali perubahan yang aku rasakan dalam hidupku seperti makin produktif dan lebih percaya diri. Tidak hanya itu kemampuan berbahasa Inggris aku juga lebih baik dari sebelumnya. Di antara kalian pasti memiliki pertanyaan dalam benak "apakah bisa jika tidak bisa berbicara bahasa Inggris dengan baik?" . Ya, kalian bisa tetap mengikuti IMUN ini walaupun kemampuan bicara bahasa Inggris kalian belum bagus. Untuk yang belum bisa berbicara dengan bahasa inggris yang benar bisa tetap mengikuti dengan memilih sebagai observer saja. Jadi disitu kalian hanya akan mengobservasi tanpa merepresentatifkan seperti yang aku lakukan waktu pertama kali mengikuti IMUN. Namun menurutku kalian tidak perlu takut untuk merepresentatifkan walaupun belum bisa berbicara bahasa inggris secara benar karena moderator dan teman satu tim delegasi akan membantumu. Jika ingin memiliki banyak pengalaman maka jangan pernah takut untuk mencoba, sesuatu yang kalian pikir sulit belum tentu mustahil.

Bagi kalian yang masih pelajar dan mahasiswa melibatkan diri dalam kegiatan sebuah konferensi internasional akan melatih menyuarakan pendapat mengenai isu dari berbagai negara, meningkatkan kemampuan leadership dan kemampuan diplomatik, meningkatkan rasa percaya diri serta public speaking dengan menggunakan bahasa Inggris. Tidak hanya pengalaman yang berharga saja yang kita dapatkan namun juga akan mendapatkan sertifikat resmi yang diakui oleh Kedutaan Australia dan PBB. Saat kalian mengikuti IMUN ini juga diberikan tugas untuk membuat position paper tentang isu negara yang kalian representatifkan, namun position paper sifatnya tidak wajib. Jika kalian membuat position paper, maka akan mendapatkan kesempatan untuk memenangkan best position paper dan bisa mendapatkan 2 sertifikat yaitu sertifikat partisipasi dan best position paper. 

IMUN saat ini dilaksanakan secara virtual dikarenakan adanya pandemi covid19. IMUN dalam kurun waktu 3 tahun terakhir telah menyelenggarakan MUN secara offline di 5 negara berbeda yaitu Thailand, Vietnam, Mesir, China dan Malaysia. Konferensi Mun offline selanjutnya direncanakan pada 2021 di Filipina Indonesia, Korea Selatan dan beberapa negara-negara di Asia Tenggara lainnya. International model United Nation dilaksanakan 1 bulan sekali pada setiap hari Sabtu dan Minggu. Ayo jadilah produktif dengan menggunakan kesempatan konferensi internasional secara virtual ini dengan sebaik mungkin karena jika dilaksanakan secara offline kalian akan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk mengikutinya. Tapi jika kalian memiliki cita-cita untuk mengikuti secara offline namun biaya belum mencukupi bisa membuat proposal untuk mencari sponsor yang membiayai kalian mengikuti konferensi simulasi sidang PBB ini.

VIDEO PILIHAN