Mohon tunggu...
Muhammad HilmanFikri
Muhammad HilmanFikri Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa UIN KHAS Jember

Bertanya apa artinya menjadi manusia

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mengintip Keindahan Pantai Tambak Sari

12 Juni 2021   19:54 Diperbarui: 14 Juni 2021   23:03 976 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pintu masuk pantai tambak sari, foto dok. penulis

Kabupaten Probolinggo adalah salah satu wilayah di Provinsi Jawa Timur yang dilewati oleh garis pantai oleh karena itu banyak wisata pantai yang terdapat di kabupaten probolinggo seperti Pantai bohay yang terkenal dengan pemandangan PLTU, Pantai Duta dengan jembatan Ditengah hutan mangrove dan masih banyak lagi pantai yang nenawarkan keindahannya masing-masing.

Salah satu pantai yang masih terlihat alami di kabupaten Probolinggo adalah Pantai Tambak Sari, lokasinya terletak di Dusun Pandean Desa Sukokerto Kec. Pajarakan, atau 7 KM dari pusat kota kraksaan dan 25 KM dari pusat Kota Probolinggo. Untuk mencapai lokasi, kemarin (11/06) kami harus melewati jalan desa sekitar 10 menit dari jalan pantura yang bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda 2 dan  roda empat.

Untuk bisa menikmati keindahan pantai pengunjung tidak dikenakan tiket masuk tetepi hanya membayar biaya parkir sebesar Rp 5000 untuk kendaraan roda 2 dan Rp 10.000 Untuk kendaraan roda 4. Ketika akan memasuki lokasi pantai pengunjung harus terlebih dahulu melewati barisan pohon cemara yang berjer secara rapi. Barulah pengunjung bisa menikmati keindahan pantai.

Pantai tambak sari menawarkan keindahan pantai dengan ombak tenang khas pantai pesisir utara pulau jawa, selain itu pantai ini memiliki bentangan pantai yang cukup panjang sehingga cocok dinikmati pengunjung yang ingin berjalan-jalan di bibir Pantai. 

Selain keindahan pantai disini pengunjung juga bisa menikmati keindahan tanaman mangrove yang sangat rindang dengan berbagai macam hewan kecil yang berada dibawahnya seperti kerang dan kepiting.

Foto Dok. Penulis
Foto Dok. Penulis
Selain keindahan yang di tawarkan Pantai tambak sari juga didukung oleh fasilitas penunjang seperti spot foto yang indah, kamar mandi, kamar ganti, tempat sampah serta pedagang kaki lima yang menyediakan berbagai jenis makanan serta minuman dengan harga yang relatif terjangkau. Tidak seperti Pantai lainya pantai dipantai ini hanya ada puluhan pengunjung di setiap harinya.

Waktu terbaik untuk menikmati keindahan ombak di pantai adalah pada pagi hari ketika air laut sedang pasang. Tetapi pengunjung yang datang pada sore hari tak perlu khawatir karena masih bisa menikmati keindahan matahari terbenam yang memanjakan mata pengunjung. Waktu terbaik menikmati matahari terbenam adalah pukul 16.30 - 17.30 WIB.

Pengunjung yang datang dipantai Tambak Sari berasal dari beberapa daerah di Kabupaten probolinggo. "kami datang kesini untuk menikmati keindahan pantai sepulang kerja." ujar salah satu pengunjung asal kraksaan. 

Salah satu pengunjung juga mengatakan daya tarik dari pantai tambah sari adalah pohon yang berada dipantai "pohonnya bagus buat foto-foto." ujar pengunjung yang telah 3 kali datang kepantai Tambak Sari.

Foto Dok. Penulis
Foto Dok. Penulis
Tempat ini sangat cocok bagi wisatawan yang mempunyai Hobi fotografi karna di sini banyak terdapat objek untuk difoto seperti gulungan ombak, keindahan pohon magrove serta hewan-hewan kecil yang sedang menari. Tetapi yang menjadi favorit para pencinta fotografi adalah ketika matahari akan terbenam. "sport foto sangat rekomendasi  tetapi pengelolaan pantai masih kurang maksimal." ujar firdaus pengunjung penikmat fotografi.

Pantai Tambak Sari buka seriap dari pukul 07.00 WIB - 18.00 WIB dan akan lebih ramai pengunjung di akhir pekan atau hari libur lainya. Meskipun pantai ini tidak terkenal seperti beberapa pantai lainya di Kabupaten Probolinggo seperti Pantai Bentar dan Pantai Gili Ketapang tetep pantai ini menawarkan keindahan pantai yang tak kalah indah dari pantai - pantai yang telah lama terkenal di Kabupaten Probolinggo.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan