Mohon tunggu...
Hillary Liaw
Hillary Liaw Mohon Tunggu... -

Berambisi untuk memecahkan misteri di atas bumi :D

Selanjutnya

Tutup

Wisata

Macao, Sang Mutiara dari Timur

27 Desember 2017   21:42 Diperbarui: 28 Desember 2017   16:54 537 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Macao, Sang Mutiara dari Timur
0-download-5a43b4cecf01b41ba2080bd2.jpg

Bayangkan berada di suatu lorong sempit, di mana kiri kanannya dihiasi dengan pernak-pernik Asia. Semakin berjalan ke dalam, semakin gelap lorong itu. Karena itu, kamu mengeluarkan smart phonemu, lalu menyalakan flashlight. Cahaya itu kamu arahkan ke kiri, dan ke kanan. Sekali lagi, kiri dan kanan.

Dan lagi, kiri dan kanan.

‘Loh, bukannya tadi lorongnya nuansa Chinese. Sedangkan ini jelas bukan.’

Lorong itu diwarnai corak barat, seperti halnya jalan di Eropa. Sungguh indah, terutama karena lorong itu tidak melupakan corak Asia yang diawalinya di perjalanan.

ruins-of-st-pauls-and-pastel-houses-macau-5a43b4bedd0fa817115c8712.jpg
ruins-of-st-pauls-and-pastel-houses-macau-5a43b4bedd0fa817115c8712.jpg
Begitulah Macao, kota unik dengan cita rasa Asia dan Eropa, dengan kekentalan Chinese-­Portugis. Sebuah kota yang 100% menghidupi kata diversitas dan toleransi, dinyatakan dengan asimilasi bangunan historis, kuliner setempat, dan budaya daerah.

Sebagai kota bekas jajahan Portugis, Macao sebagai bagian dari Negri China memiliki banyak keunikan yang hanya dimiliki oleh Macao sendiri.

Mulai dari kuliner. Masakan-masakan Macao sangat berbeda dari masakan mainstreamnegaranya, RRC! Sebut saja Tart Telur Portugis, makanan yang menjadi ikon kuliner kota Macao.

1-egg-tart-5a43b4bbab12ae1cad44bee2.jpg
1-egg-tart-5a43b4bbab12ae1cad44bee2.jpg
Tart telur ini pertama kali diciptakan oleh Andrew Stow pada tahun 1990, dan sekarang menjadi salah satu kekhasan Macao yang harus dicoba. Tart telur Portugis ini berbeda dengan tart telur lain, terutama pada permukaannya yang lebih terbakar, yang merupakan hasil dari karamelisasi (serupa crème brulee).

Di manakah para pelancong bisa mencari tart telur terkenal dari Macao? Ada dua tempat yang popular dan menjadi favorit baik bagi penduduk setempat dan turis. Pertama, dari Lord Stow’s Bakery, yang merupakan milik pemrakarsa Tart Telur Portugis. Kedua, Margaret’s Café e Nata. Keduanya memanggang tart telur yang sangat enak dan memuaskan!

Selain tart telur, makanan khas Macao antara lain makanan ‘nasional’ nya. Makanan ini disebut Minchi oleh penduduk lokal. Minchi adalah daging cincang yang dibumbui dengan kecap asin.  Minchi biasanya disajikan dengan telur ceplok di atasnya. Kalau disamakan dengan Indonesia, Minchi semacam nasi gorengnya Indonesia.

2-beefminchi-5a43b50ecaf7db17d57c0564.jpg
2-beefminchi-5a43b50ecaf7db17d57c0564.jpg
Macao masih menyimpan ratusan makanan lezat selain yang disebutkan di atas. Tapi, ada satu lagi makanan yang harus disebutkan. Makanan ini adalah rajanya cemilan dan kudapan Macao. Makanan ini dikenal dengan nama Bakkwa, dan rasanya sangat enak! Kalau dijelaskan dengan lidah Indonesia, rasanya mirip dengan dendeng. Bedanya Bakkwa lebih kenyal dan lebih manis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x