Mohon tunggu...
hijah hamanah
hijah hamanah Mohon Tunggu... HIJAH

HALLO

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Jalani Era KKN Covid-19, Mahasiswa UNS Berikan Edukasi kepada Masyarakat Tamtaman, Baluwarti, Surakarta

10 Juli 2020   11:17 Diperbarui: 10 Juli 2020   11:26 1 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jalani Era KKN Covid-19, Mahasiswa UNS Berikan Edukasi kepada Masyarakat Tamtaman, Baluwarti, Surakarta
dok. pribadi

Sampai saat ini belum diketahui kapan pandemi akan berakhir. Ditengah pandemi Covid 19, mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) melaksanakan kegiatan program Kuliah Kerja Nyata era Covid 19.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN akan di dampingi 95 dosen pembimbing lapangan (DPL), sementara bimbingan oleh dosen dilakukan secara daring. KKN UNS era Covid 19 dilaksanakan beberapa tahap, untuk saat ini tahap 1 dilaksanakan dari tanggal 1 Mei-19 Juni 2020.

Mahasiswa yang mengikuti kegiatan KKN tersebar di beberapa provinsi karena dilaksanakan di rumah masing-masing secara mandiri dan tidak berkelompok. Lokasi KKN yang dilaksanakan di Pulau Jawa yaitu Provinsi Jawa Tengah tepatnya di Kota Surakarta. Walikota Surakarta FX Hadi Rudyatmo menetapkan kejadian luar biasa (KLB) virus Corona.

Menghindari banyak kerumunan maka penyelenggaraan CFD sampai kegiatan belajar mengajar di sekolah diliburkan dan belajar di rumah masing-masing. Adanya dampak pandemi maka saya selaku mahasiswa UNS ikut berkontribusi membantu masyarakat melalui program KKN UNS.

Pelaksanaan KKN UNS era Covid 19 yang saya lakukan berlokasi di Tamtaman Baluwarti Surakarta. Program KKN UNS era Covid 19 saya memilih tema bidang pendidikan atau edukasi. Saya memilih tema tersebut karena masyarakat masih kurang memahami mengenai Covid 19 dan anak-anak di daerah saya juga mengalami kesulitan ketika belajar di rumah.

Saya menjalankan KKN UNS dengan beberapa program yaitu pemahaman tentang covid 19, memberikan edukasi mengenai orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP), orang tanpa gejala (OTG), memberikan edukasi pentingnya penggunaan masker, program belajar bagi anak-anak sekolah, mengadakan kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak, serta program pembuatan tempat untuk cuci tangan.

Masing-masing program dijalankan secara bertahap sehingga mendapatkan hasil sesuai dengan tujuan yang direncanakan. Pelaksaanaan program kegiatan KKN UNS meliputi menempelkan poster pada papan pengumuman, membagikan masker, memberikan edukasi kepada masyarakat, membantu anak-anak belajar di rumah dengan suasana yang menyenangkan, mengadakan kegiatan bagi anak-anak yang menyenangkan dan tidak memuat jenuh atau bosan, mengaak masyarakat untuk tetap melakukan pola hidup sehat, membuat tempat cuci tangan bersama anak-anak dengan dihias warna-warni.

Semua kegiatan program dilakukan sesuai protokol kesehatan Covid 19. Antusias dan apresiasi dari warga yang membantu dan memberikan dorongan pada program KKN saya, membuat saya merasa senang dan mendapatkan banyak pengalaman.

VIDEO PILIHAN