Media Pilihan

Peluang Bisnis dengan Media Sosial

12 Juni 2018   20:48 Diperbarui: 12 Juni 2018   21:00 912 1 0
Peluang Bisnis dengan Media Sosial
pixabay.com

Media sosial (social media) adalah sebuah saluran atau sarana pergaulan sosial secara online menggunakan jaringan internet, biasa disebut juga dengan media online. Media sosial menjadi salah satu sarana komunikasi yang populer di masyarakat umum yang tidak mengenal batas usia. Bukan hanya kalangan remaja, namun juga orang dewasa, hingga anak kecil pun begitu akrab dengan media sosial

 Seperti facebook twitter, bbm, we chat, whatsapp, instagram atau media lain, yang pasti dapat mempermudah dalam berkomunikasi. Dengan menggunakan jaringan internet kita bisa terhubung ke media sosial dengan biaya sesuai dengan ketentuan operator.

Media sosial memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan masyarakat saat ini, media sosial bukan hanya digunakan sebagai sarana berkomunikasi, karena media sosial kini juga dijadikan sebagai sarana untuk berbisnis

 Sudut pandang kegunaan media sosial pun kini mulai berubah, dikarenakan semakin banyak hal yang bisa dilakukan dengan media sosial. Jika dulu untuk terhubung ke internet agar bisa online dibutuhkan perangkat yang kompleks dan rumit, namun sekarang ini hal itu tidak terjadi lagi. Bahkan di pedesaan pun akses internet sudah sangat mudah di akses.

Dengan demikian, kesempatan untuk mengakses informasi jadi semakin mudah dan luas. Kemudahan ini tentunya jangan sampai dilewatkan begitu saja, tapi harus bisa juga dijadikan usaha untuk meningkatkan taraf hidup.

Menurut beberapa penelitian, sebuah negara dapat dikatakan sebagai negara yang maju apabila jumlah pengusahanya cukup untuk menopang pertumbuhan ekonomi negara tersebut. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia pun tidak lepas dari peran para pengusaha, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih. Pada era digital seperti saat ini, para pengusaha banyak yang menjalankan bisnisnya menggunakan media sosial. Dengan media sosial siapa pun bisa menjadi pengusaha dalam bidang apa pun.

Dalam berbisnis, media sosial digunakan sebagai media promosi produk-produknya. Untuk menerapkan manfaat media sosial sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis bukanlah hal yang sulit dilakukan, karena jumlah pengguna media sosial kini semakin meluas. Berbisnis dengan menggunakan media sosial atau biasa disebut dengan bisnis online ini, lebih efisien dan menyenangkan, dan lebih minim modal. Dengan berjualan secara online, prosesnya bisa dilakukan dari mana pun selama ada internet.

Bukan hanya modal yang kecil, namun bisnis ini juga lebih efisien dan dapat dijadikan sebagai usaha sampingan, karena dapat dilakukan tanpa khawatir pekerjaan lain terbengkalai.

Dengan demikian banyak orang yang hanya bermodalkan laptop, gadget atau komputer di rumah bisa menghasilkan puluhan hingga ratusan juta setiap bulannya hanya dengan duduk dirumah. Bisnis dengan media sosial ini, dapat dilakukan berbagai kalangan, ibu rumah tangga, para pekerja kantor, pegawai pabrik, anak-anak remaja, mahasiswa mahasiswi pun banyak yang menjalankan bisnis online dengan media sosial.

Para pengguna media sosial harus semakin kreatif dalam menggunakan media sosial, agar bisa memenangkan persaingan dalam bisnis ini, dari sisi model penawaran maupun kualitas jasa dan produk yang Anda jual. Mengingat bisnis online ini dapat dikatakan sebagai bisnis yang cukup menjanjikan, sehingga banyak orang yang memanfaatkan banyak peluang tersebut untuk mendapat keuntungan. Seperti bisnis fashion, kuliner, elektronik dan masih banyak lagi. Begitu beragam peluang bisnis dalam media sosial, ini yang menjadi alasan media sosial semakin populer dan digemari oleh masyarakat.

Meskipun banyak kegunaan positif dari media sosial, tetap akan ada pula hal-hal negatif yang bisa muncul dari penggunaan media sosial yang dapat berdampak buruk bagi penggunanya sendiri dan orang lain, karena pengguna media sosial sangat banyak di seluruh dunia. Dalam bisnis online pun tidak sedikit terjadi penipuan yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Risiko selalu mengintai, seperti barang tidak sampai tujuan atau mengalami kerusakan. Risiko dalam pembelian online dan mempromosikan barang secara online terkadang terkendala karena kualitas barang yang tidak bisa ditentukan. Namun selama produk adalah produk aman seperti pakaian, sepatu dan lainnya yang tidak akan rusak ketika dibanting atau perjalanan panjang.

Keberanian dalam mengambil risiko bisnis adalah modal awal dari seorang pengusaha. risiko selalu menjadi sisi mata uang dunia bisnis yang tidak mungkin dihindari. Makin tinggi risiko makin besar potensi keuntungan dibalik itu. Namun yang harus diyakini siapa saja yang ingin merintis bisnis adalah kita bisa mengontrol risiko tersebut. Dalam menjalankan bisnis online juga diperlukan kejujuran, agar tidak mengecewakan konsumen.

Media sosial juga banyak muncul informasi-informasi yang belum tentu kebenarannya atau biasa disebut Hoax, maka perlu berhati-hati dalam penggunaan media sosial dalam kehidupan sehari-hari. Konten media sosial juga mudah memberi pengaruh negatif, mengingat pengguna media sosial pada saat ini bukan hanya orang dewasa atau para remaja, namun juga banyak anak-anak kecil yang ikut menggunakan media sosial. Banyaknya pengguna media sosial yang berasal dari anak-anak, maka para orang tua harus semakin hati-hati dalam mendidik anaknya.

Para pengguna media sosial harus pandai memanfaatkan peluang yang ada dalam media sosial, agar tidak ada dampak negatif dalam penggunaan media sosial. Dari pada menyalah gunakan media sosial dengan hal-hal yang tidak bermanfaat, ada baiknya media sosial digunakan sebagai mana mestinya, banyak peluang yang harus dimanfaatkan dengan baik, yang sangat sayang sekali apabila dilewatkan begitu saja, menjadi pengguna media sosial yang baik dan berpeluang menjadi pengusaha yang sukses.

Oleh: Mufadhilatul Hidayah
Program Studi Ilmu Komunikasi
Universitas Muhammadiyah Sidoarjo