Mohon tunggu...
Hennie Triana Oberst
Hennie Triana Oberst Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penyuka traveling dan budaya

Kompasianer Jerman || Best in Citizen Journalism Kompasiana Awards 2023

Selanjutnya

Tutup

Parenting Artikel Utama

Sturmfrei: Kapan Remaja Boleh Sendirian di Rumah Tanpa Orangtua?

13 Juni 2022   03:39 Diperbarui: 26 September 2022   16:14 2299
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak remaja menginap di rumah teman (Sumber: shutterstock)

"Ma, boleh nggak Jumat malam aku nginap di rumah Selina? Dua malam ini "sturmfrei" untuk dia."

Begitu putri saya meminta izin untuk menginap di rumah temannya beberapa minggu lalu.

"Memang mamanya sedang pergi?" Tanya saya penasaran.

"Iya, sedang ada tugas di luar kota." Anak saya memberi penjelasan. 

Selina adalah salah seorang teman baik anak saya dari sekolah. Hubungan pertemanan mereka cukup baik, sesekali anak saya menginap di rumah Selina, atau sebaliknya. Selina hidup berdua dengan mamanya sebagai orangtua tunggal.

"Kapan aku bisa dapat sturmfrei?" Putri saya melanjutkan kalimatnya dan membuat saya tersenyum.

Apa arti sturmfrei?

"Sturmfreie Bude" atau biasa disingkat dengan "sturmfrei" berasal dari kata; Sturm: badai, Frei (baca: frai), artinya bebas, Bude (baca: budê; dengan ê  pepet, seperti e pada kata "lemah"), artinya kamar, ruangan, rumah kecil, bilik, toko, atau kios. 

Istilah Sturmfrei ini adalah keadaan ketika anak ditinggal di rumah sendiri (melewati malam hari atau beberapa hari) tanpa pengawasan orangtua.

Situasi tanpa kehadiran orangtua ini membuat mereka dapat melakukan apa saja yang mereka inginkan, termasuk juga mengundang teman-temannya datang berkunjung atau menginap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun