Mohon tunggu...
Hennie Triana
Hennie Triana Mohon Tunggu... ---

Lahir di Medan. Ibu dari seorang putri

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Schulferien, Mengapa Sekolah di Jerman Banyak Liburnya?

29 Juli 2020   19:50 Diperbarui: 6 Agustus 2020   22:00 990 60 23 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Schulferien, Mengapa Sekolah di Jerman Banyak Liburnya?
Summer in Strassburg - Foto: HennieTriana

Akhir Juli adalah waktunya penerimaan rapor kenaikan kelas di sekolah putri saya dan mungkin hampir di seluruh sekolah yang berada di negara bagian Baden-Württemberg. Jadwal pengambilan rapor di masa new-normal ini diatur sesuai kelompok yang telah dibagi sejak dilakukan kembali kegiatan belajar di sekolah.

Beberapa hari sebelumnya, kami baru saja membatalkan rencana liburan ke negara Asia. Pemerintah negara Jerman masih memberlakukan travel warning terhadap warganya, untuk tidak bepergian ke negara yang bukan anggota Uni Eropa.

Sudah dua liburan sebelumnya dibatalkan, sekarang menyusul yang ketiga. Liburan sekolah terpanjang yang jatuh pada musim panas (summer). Enam minggu lamanya, dimulai siang setelah penerimaan rapor. Tahun ajaran baru akan dimulai kembali pada tanggal 14 September nanti.

Liburan di Jerman memiliki jumlah hari yang sama di seluruh negara bagian, yaitu 75 hari libur dalam satu tahun ajaran. Ada negara bagian yang memiliki hari libur lebih satu atau dua hari dari yang lainnya, hal tersebut berkaitan dengan libur keagamaan di satu tempat tertentu yang tidak diperingati oleh negara bagian lainnya.

Beberapa teman saya yang pernah bertanya, kenapa anak sekolah di Jerman sering sekali libur sekolah, bahkan libur kenaikan kelas 6 minggu lamanya?

Jumlah total 75 hari libur tersebut masih termasuk rata-rata jumlah hari libur sekolah di negara-negara Eropa. Jerman termasuk yang memiliki jumlah liburan sekolah yang sedang-sedang saja, negara Bulgaria misalnya, memiliki jumlah hari libur sekolah 102 hari per tahun.

Liburan sekolah ini terbagi-bagi di setiap musim tahunan dan sering jatuhnya bersamaan dengan hari besar keagamaan, seperti libur Paskah, Pentakosta dan Natal.

Pelaksanaan liburan sekolah di Jerman terutama liburan summer dilakukan tidak serentak di seluruh negara bagian. Dimulai dari negara bagian di wilayah Utara hingga ke Selatan yang mendapat giliran terakhir, seperti di negara bagian tempat tinggal kami Baden-Wrttemberg dan Bayern (Bavaria).

Kebijakan ini diambil untuk menghindari kemacetan di jalan raya, kurangnya daya tampung penginapan dan transportasi umum akibat kelebihan pemesanan dari warga yang ingin menikmati liburan mereka.

Sejarah liburan sekolah di Jerman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN