Mohon tunggu...
hendra setiawan
hendra setiawan Mohon Tunggu... Freelancer - Pembelajar Kehidupan. Penyuka Keindahan (Alam dan Ciptaan).

Merekam keindahan untuk kenangan. Menuliskan harapan buat warisan. Saya suka membaca, tetapi menulis jauh lebih punya makna. Sebab, karya itulah warisan yang sangat berharga kepada generasi nanti. VERBA VOLANT, SCRIPTA MANENT.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Makan Sedikit Juga Bisa Gemuk, Bagaimana Mendapatkan Berat Badan Ideal?

16 September 2021   17:00 Diperbarui: 17 September 2021   10:58 1687 28 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Makan Sedikit Juga Bisa Gemuk, Bagaimana Mendapatkan Berat Badan Ideal?
Ilustrasi | Foto oleh: Andres Ayrton dari Pexels

"Dik, kamu kalau ke sini kok mesti badanmu kelihatan tambah gemuk."

"Masa, sih. Perasaan saya juga jarang makan. Makan saya lho, sedkit. Tahu sendirilah kalau pas main ke rumah."

 Obrolan ini mungkin terlihat aneh, tapi kenyataan seperti itu. Kalau ada orang doyan makan, terus gemuk, itu sudah biasa. Bukan keanehan dan bisa dinalar dengan logis. Banyak asupan yang masuk tubuh, otomatis tubuh akan membengkak karena timbunan lemak.

Tetapi menjadi tidak biasa, orang yang makan normal, bahkan cenderung di bawah rata-rata, namun bisa juga bertambah berat badannya. Kalau orang yang pengin gemuk, pasti ingin juga ya, seperti ini...

Beragam Faktor

Orang menjadi gemuk bisa karena banyak faktor. Tidak saja karena seberapa banyak makanan yang dikonsumsi kesehariannya. Apa sajakah itu?

1. Genetika Riwayat Keluarga

Riwayat silsilah keluarga ternyata memiliki faktor pendukung seseorang cenderung mengalami kegemukan. Mungkin tidak secara langsung dalam segaris keluarga, tapi bisa diperhatikan kalau ada kerabat lain yang memiliki kondisi serupa.

2. Pola Makan

Meskipun jumlah makan seseorang sedikit, tetapi jika dalam makanan tadi mengandung banyak kalori, gula, dan lemak, maka itu juga jadi faktor pencetusnya.

Hal yang sama ada pada minumannya. Adanya tambahan gula juga bisa menyebabkan kelebihan kalori dalam tubuh. Berat badan bisa jadi meningkat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan