Mohon tunggu...
Edukasi

Dosen dan Mahasiswa TI Unpam Gelar Pengabdian Kepada Masyarakat

15 Mei 2019   11:39 Diperbarui: 15 Mei 2019   11:43 71 0 0 Mohon Tunggu...

Masalah lingkungan hidup bukan masalah yang baru, tetapi sudah ada sejak manusia hidup di muka bumi ini. Tidak bisa dipungkiri, keberadaan manusia di bumi merupakan faktor penyebab terjadinya masalah tersebut. Pertumbuhan penduduk yang besar dan semakin meningkat serta diiringi kurangnya kesadaran dalam menjaga lingkungan hidup di sekitar mengakibatkan bertambah buruknya masalah tersebut. 

Seperti banjir, yang sebenarnya merupakan ulah manusia yang kurang bertanggung jawab dalam membuang sampah pada tempatnya ataupun para perusahaan industri yang membutuhkan kayu dengan menebangi pohon-pohon di hutan secara ilegal sehingga menyebabkan hilangnya habitat bagi para hewan hutan, serta kurangnya kesadaran warga setiap daerah untuk menanam pohon ataupun tanaman lainnya di daerah-daerahnya untuk meningkatkan penyerapan air serta filtrasi udara.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat oleh dosen prodi Teknik Informatika mengusung tema "Sosialisasi Ekologi pada Anak-Anak Yayasan Panti Asuhan Cikal Mandiri Joglo - Jakarta Barat" dan bertempat di Komplek DKI Joglo, Jakarta Barat telah dilaksanakan pada tanggal 24-26 Maret 2019.

Kegiatan dihadiri oleh Ketua dan Pengurus Yayasan Panti Asuhan Cikal Mandiri.

dokpri
dokpri

Tema tersebut dirasa cukup penting untuk diangkat mengingat sebagian besar penghuni panti asuhan adalah anak-anak dibawah usia 15 tahun. Pengetahuan akan ekologi sangat bermanfaat bagi para peserta, khususnya dalam hal menjaga dan melestarikan lingkungan. Pencemaran serta kurangnya kesadaran manusia terhadap lingkungan sekitar berkaitan dengan masa depan anak- anak, sehingga dapat memberikan pengetahuan untuk dapat memposisikan diri sebagai penjaga keseimbangan lingkungan.

Di era komputerisasi saat ini, kemajuan teknologi juga dapat membantu dalam melestarikan lingkungan. Hal ini diperlukan untuk menunjang keseimbangan alam serta lingkungan sehitar bagi kehidupan kita kedepan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilaksanakan oleh mahasiswan dan dosen program studi Teknik Informatika Universitas untuk berkontribusi dalam kegiatan ini sesuai dengan kompetensinya masing-masing tetapi tetap sejalan dengan tema kegiatan ini. Adapun kegiatan

ini telah dilaksanakan pada tanggal 24-26 Maret 2019 dan berjalan lancar dan sukses sesuai dengan rencana tanpa ada halangan serta kekurangan berarti.

VIDEO PILIHAN