Mohon tunggu...
Harry Ramdhani
Harry Ramdhani Mohon Tunggu... Immaterial Worker

Sedang berusaha agar namanya di "Kata Pengantar" Skripsi orang lain. | Think Globally Act Comedy | @_HarRam

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Arsenal Sebaiknya jadi Ormas Saja

16 Desember 2019   03:15 Diperbarui: 16 Desember 2019   14:05 775 10 3 Mohon Tunggu...
Arsenal Sebaiknya jadi Ormas Saja
Markas Arsenal. (sumber: @premierleague)

Setelah dipecatnya Unai Emery dan digantikan Freddie, rasa-rasanya target Arsenal musim depan memang untuk mengubah struktur: dari organisasi sepak bola menjadi organisasi masyarakat.

Ini serius. Daripada jadi klub sepak bola dengan organisasi yang visinya sekadar memberi harapan kepada pendukungnya, lebih baik turun ke lapangan, membantu masyarakat, dan mencari faedah.

Mencari poin dan gol dan keuntungan untuk organisasi secara bersamaan bukan perkara mudah. Serius. Sebab, itulah formula sepak bola modern saat ini

Dewasa ini, memang seperti itu algoritma sepak bola modern: melihat kesempatan bukan lagi peluang, tapi kepastian. Menang atau tidak sama sekali. Kalah atau cukupkan sampai di sini. Sepak bola modern tidak mengenal harapan, Arsenal! Tidak!

Untuk apa bermain baik atau bagus, tapi hasilnya kalah? Untuk apa kritik atau eveluasi kalau hasilnya selalu kalah?

Sudahlah, lebih baik, sekali lagi, Arsenal jadi Ormas saja.

Setidaknya 5 poin persyaratan untuk mengubah itu sudah Arsenal miliki: Akta pendirian dari notaris; Program kerja; Sumber pendanaan; Suket domisili; dan Tidak dalam sengketa dan/atau perkara di pengadilan.

Yang kemudian jadi pertanyaan: apa kontribusi Arsenal kepada masyarakat?

1/
Dari banyaknya basis suporter, terlebih mereka sudah teranggotakan antar-regional, itu memudahkan dalam capaian program kerja.

Suporter-suporter ini bisa diajak untuk secara konsisten membuat kegiatan sosial seperti donor darah untuk menyuport Palang Merah, misalnya. Palang Merah bukan hanya ada di Indonesia, itu merupakan organisasi internasional. Sebagai ex-anggota Palang Merah Remaja semasa SMP, aku tahu itu.

2/
Lapangan-lapangan tempat sekolah akademi bisa dibuka untuk umum. Akan banyak orang yang bisa memanfaatkan itu daripada mesti daftar dan membayar mahal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x