Mohon tunggu...
Haries Pribady
Haries Pribady Mohon Tunggu... -

Penikmat cahaya purnama :)

Selanjutnya

Tutup

Puisi

#Sajakkopi 4

9 Maret 2015   23:26 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:55 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1425918364489217742

[caption id="attachment_354866" align="aligncenter" width="327" caption="https://www.google.com/search?q=mahasurya&biw=ornament-coreldraw.html%3B407%3B425"][/caption]

Menjalin

Dulu waktu kecil kusering memerhatikan laba-laba dan sulur labu. Keduanya jarang duduk semeja, bahkan tak pernah menenggak kopi hitam saring di warung dekat rumah. Keduanya tak pernah hidup bersisi-dampingan, namun ku tetap memerhatikannya. Atas perhatian itu lah, baru kutahu bahwa mereka adalah ciptaan yang gemar menjalin.
Labu menjalin sulur pada pancang sedangkan laba-laba menjalin jaring di dahan-dahan batang. Keduanya tak bisa melata, sungguh takut dengan pemangsa yang tak kenal rasa kasih dan cinta. Mereka ajari hidup sederhana, yakni dengan menjalin. Mereka ajarkan agar aku bisa menjalin di tempat yang tepat dan dengan orang yang tepat. Tak lupa pula agar aku memerhatikan indra apa yang kujalinkan itu.
Dulu aku menjalin hanya dengan orang yang kumau. Sekarang, entahlah. Atas sebab itu jalinku sungguh rapuh. Aku mulai limbung dan ringkih. Aku hendak menjalin lagi. Menjalin rasa bahagia, ketetappendirian, rasa tanggung jawab, dan ke-Ilahian. Aku berusaha menjalin dengan baik, dengan tulus. Namun selalu ada yang menanggapinya dengan sekadar urusan di bawah dan atas perut. Aku sungguh hendak menjalinmu. Menjadikanmu sebagian dari diriku. Mohon, jangan lepaskan tali pengharapan dan jalinan cinta kasihku. Jangan kau regas perasaanku yang telah kuanugerahkan semua untukmu. Menjalinlah denganku, sebab kau adalah punca dan takdirku.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun