Mohon tunggu...
Suharto
Suharto Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis lepas

Penulis blog http://ayo-menulislah.blogspot.co.id/, http://ayobikinpuisi.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Orang yang Sehat dan Bahagia Berpotensi Awet Muda

19 November 2022   23:29 Diperbarui: 19 November 2022   23:35 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang wanita yang tampak awet muda (pixabay.com)

Setiap orang pasti ingin awet muda. Dan setiap orang tentunya punya rahasia sendiri supaya awet muda. Namun secara umum, saya ingin rangkumkan beberapa hal yang bisa mempengaruhi penampilan dan stamina seseorang agar awet muda.

Sehat Jasmani

Hal pertama yang mesti diperhatikan setiap orang yang ingin awet muda adalah kesehatan, baik jasmani maupun rohaninya. Dua hal ini saling berkaitan. Mana yang mesti didahulukan? Keduanya harus jalan beriringan!

Berikut hal-hal yang harus jadi perhatian pada kesehatan jasmani:

Olahraga

Pasti semua orang menyetujui bila ada yang mengatakan kunci kesehatan adalah berolahraga. Malas berolahraga, jangan harap bisa sehat. Jika tidak sehat, mana mungkin bisa awet muda.

Olahraga apa yang mudah dilakukan dan tak butuh sarana mahal? Pilihannya banyak. Ada olahraga jalan kaki, lari, bersepeda, atau senam kesegaran jasmani. Meski dilakukan cuma 30 menit, tentu ada dampaknya bagi kebugaran tubuh jika dilakukan setiap hari. Dan ujung-ujungnya bisa membuat kita awet muda.

Makanan

Ada sebagian orang yang tidak memberikan pantangan pada makanan tertentu. Mereka makan apa saja, tentunya yang halal menurut ajaran agamanya. Tapi tak boleh berlebihan. Bukankah segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik? Ingin makan gorengan, silahkan, tapi tahu batasnya. Ingin makan jeroan atau makanan berlemak lainnya, silahkan. Namun ingat, tak boleh berlebihan. 

Minuman

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun