Mohon tunggu...
Hardius Usman
Hardius Usman Mohon Tunggu... Humanitarian Values Seeker in Traveling

Doktor Manajemen Pemasaran dari FEUI. Dosen di Politeknik Statistika STIS. Menulis 17 buku referensi dan 3 novel, serta ratusan tulisan ilmiah populer di koran. Menulis hasil penelitian di jurnal nasional maupun internasional bereputasi. Mempunyai hobby travelling ke berbagai tempat di dunia untuk mencari nilai-nilai kemanusiaan.

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Leeds Kota Indah yang Sepi Wisatawan

3 Juli 2020   16:01 Diperbarui: 12 Juli 2020   19:15 854 18 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Leeds Kota Indah yang Sepi Wisatawan
Leeds Town Hall (Sumber: Koleksi Pribadi)

Banyak di antara kita telah mengenal kota Leeds yang terletak di West Yorkshire - Inggris, tetapi mungkin belum banyak yang sempat mengunjunginya, walau telah beberapa kali berwisata ke Inggris. 

Leeds sengaja tidak ditempatkan menjadi tujuan wisata, mungkin disebabkan karena kota tersebut merupakan pusat pelayanan bisnis, hukum, dan finansial terbesar di Inggris Raya setelah London. 

Kalau hanya sebuah kota 'biasa' tentu daya tariknya rendah bagi wisatawan untuk berkunjung. Apalagi sejarah mencatat bahwa sejak Revolusi Industri terjadi di Inggris, Leeds merupakan pusat industri. 

Tidak salah jika kita akan mengasosiasikan kota itu dengan cerobong asap, debu, dentingan besi, kebisingan, dan sebagainya, yang tentu tidak akan memberikan kenyamanan berwisata.

Leeds memang pusat perekonomian dan komersial, tetapi sesungguhnya Leeds juga merupakan pusat kebudayaan. Sebuah kota yang menyandang gelar pusat kebudayaan, pasti akan diselimuti oleh keindahan dan keasrian. Kota yang dilalui Sungai Aire ini tertata dengan sangat rapih dan artistik. 

Bangunan moderen yang berpadu dengan bangunan kuno menghiasi keindahan kota. Taman-taman yang tersebar di kota seperti Roundhay Park dan Golden Acre Park menjanjikan kesejukan dan kebersihan udara yang masuk ke paru-paru.

Sebagai pusat budaya, tentunya pertunjukan budaya tidak sedikit jumlahnya dihadirkan kota ini, seperti: Leeds West Indian Carnival, Festival Leeds, Konser Internasional Leeds, dan Festival Film Internasional Leeds.

Disamping itu, Leeds merupakan salah satu pusat sejarah di Inggris. Oleh karena itu, Leeds menawarkan wisata sejarah. Di kota ini kita bisa mengunjungi Royal Armouries Museum untuk melihat senjata dan seragam perang pada jaman dulu. 

Leeds City Museum untuk menyaksikan beberapa fosil binatang dan mumi asli. Kirkstall Abbey yang merupakan reruntuhan bangunan biara peninggalan Inggris di abad pertengahan. Kita juga dapat menikmati benda-benda seni seperti lukisan, pahatan, dan artefak di Leeds Art Gallery.

Walau menyandang gelar kota industri, Leeds sangat jauh dari asap, debu dan kebisingan. Ketenangan dan kondusif-nya kota untuk belajar, menyebabkan banyak pelajar dari berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia, yang menimba ilmu di kota ini. 

University of Leeds, Leeds Trinity University College, dan Leeds Breckett University merupakan universitas-universitas bergengsi di sana. Oleh karena itu, Leeds juga menyandang gelar sebagai kota pelajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN