Mohon tunggu...
Hanggrahita Dewi Laksita Sari
Hanggrahita Dewi Laksita Sari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

seni dan budaya

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kelas Kreativitas sebagai Upaya dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam Masa Pembelajaran Daring

30 November 2022   02:19 Diperbarui: 30 November 2022   02:52 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

PENDAHULUAN

Tahun 2020 awal menjadi gerbang awal masuknya virus Covid-19 di Indonesia. Hal ini tentu menjadi masa sulit bagi masyarakat Indonesia karena munculnya Virus Corona atau Covid-19. 

Virus yang ditemukan pertama kali di Wuhan Cina ini dengan sangat cepat menyebar ke seluruh dunia tidak terkecuali Indonesia. Virus ini merupakan salah satu virus yang dapat menyebar lewat droplet atau cairan yang keluar dari tubuh penderita Covid-19 dan menempel pada orang yang sehat.

Meningkatnya penyebaran virus corona berdampak besar pada kehidupan masyarakat Indonesia, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pemerintah mengambil kebijakan untuk membatasi aktifitas masyarakat di luar rumah. 

Hal ini tentu berdampak pada berbagai bidang, salah satunya dalah bidang pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam hal ini mengambil kebijakan terkait panduan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dalam menghadapi pandemi Covid-19. 

Melalui surat edaran Nomor 4 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Covid-19, Kemendikbud memberikan instruksi agar siswa belajar di rumah dan tidak berangkat sekolah. Model pembelajaran yang semula dilaksnakan secara tatap muka diubah menjadi pembelajaran jarak jauh. Yang semula sekolah secara tatap muka dan interaksi langsung berubah drastis menjadi daring.

Dalam pembelajaran jarak jauh ini, tidak jarang murid mengalami kejenuhan. Peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar merasa seakan-akan pengetahuan dan kecakapan yang diperoleh dari belajar tidak ada kemajuan yang pada umunya tidak berlangsung selamanya tetapi dalam rentang waktu tertentu, seperti satu minggu. 

Namun, tidak sedikit pula peserta didik yang mengalami kejenuhan dengan rentang waktu berkali-kali dalam satu kali periode pembelajaran tertentu. Kejenuhan belajar dapat peserta didik yang kehilangan motivasi dan konsolidasi salah satu tingkat keterampilan tertentu sebelum sampai pada tingkat keterampilan berikutnya.

Kelas seni merupakah salah satu cara untuk mengatasi kejenuhan siswa. Selain itu, melalui kelas seni kreativitas siswa dapat terasah dengan baik. Salah satu tujuan Pendidikan  adalah untuk membentuk kreativitas dan inovasi pada anak. Agar Kreativitas tersebut menjadi nyata dalam mengajar dan anak mendapatkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, kreativitas itu perlu dipupuk, dikembangkan dan ditingkatkan. 

Diharapkan dengan adanya kelas kreativitas ini mampu mengtasi kejenuhan dan menumbuhkan motivasi belajar bagi anak-anak. Karena pada dasarnya pembelajaran jarak jauh ini menitikberatkan pada kemandirian siswa dalam belajar, sehingga diperlukan motivasi yang tinggi untuk belajar.

Penulisan artikel ini diharapkan mampu memberikan manfaat baik untuk siswa, guru, maupun peneliti sendiri, yang mana siswa diharap dapat terus antusias dalam belajar meskipun dengan sistem pembelajaran jarak jauh. 

Para guru diharapkan dapat lebih kreatif memilih metode atau model pembelajaran yang paling tepat dan efektif sehingga pembelajaran jarak jauh bisa terlaksana dengan baik. Serta untuk peneliti dapat mengetahui bagaimana kelas kreativitas ini dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar.

 

METODE PEMBERDAYAAN 

Pelaksanaan kegiatan ini diawali dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan guru dan Kepala Sekolah SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1 dalam upaya membangun komunikasi dan mendengar secara langsung permasalahan-permasalahan yang terjadi di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1 pada masa pembelajaran daring. Konsultasi tersebut membahas terkait program kerja yang harus dibuat sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada di lingkungan SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1. 

Setelah itu didapatkan informasi mengenai permasalahan yang ditemukan di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1, salah satunya berupa berkurangnya motivasi siswa di masa pembelajraan daring akibat kejenuhan. Kemudian dari permasalahan tersebut, saya mengusulkan suatu program Bernama "Kelas Kreativitas sebagai Upaya dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Masa Pembelajaran Daring".

Untuk mencapai tujuan yang diharapkan, program kelas kreatifitas diadakan secara offline di SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1. Karena kondisi pandemic, kelas kreatifitas dilakukan secara berkala. Jumlah murid yang sedikit memudahkan kami dalam mengkoordinasikan berjalannya kelas kreativitas. Kelas kreativitas dilaksanakan sepulang sekolah setelah kegiatan belajar mengajar telah usai.

Kelas kreativitas ini dilakukan secara offline di SD Muhammasiyah Kedungbanteng 1. Kelas kreativitas ini dilakukan secara bertahap dan terbagi menjadi beberapa sesi. Pertimbangan pembagian sesi ini berdasarkan pada level karena menyesuaikan tingkat kesulitannya. Adapun peserta dari kelas kreativitas ini adalah siswa-siswi kelas 1 sampai 6 SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Hasil dari kegiatan ini yaitu terlaksananya Kelas Kreativitas sebagai Upaya dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Masa Pembelajaran Daring. Program Kelas Kreativitas ini merupakan upaya dalam mengatasi kejenuhan siswa di masa pembelajaran daring. Kegiatan ini, diharapkan dapat mewadahi kreativitas siswa.

Sebelum masuk kegiatan kelas kreativitas, kami melakukan persiapan. Persiapan ini terdiri dari persiapan alat, persiapan bahan, dan persiapan mengajar.

Pada sesi pertama, kelas kreativitas dilaksanakan pada level 5 karena menyesuaikan dengan jadwal konsultasi level 5. Pada sesi ini, siswa-siswi diminta membuat sketsa pada celengan tanah liat dan mengecatnya sesuai dengan kreativitas masing-masing dengan menggunakan cat yang telah disediakan. Sebelum mulai menghias celengan, kami memberikan penjelasan akan pentingnya menabung. Diharapkan dengan adanya celengan yang telah mereka hias, kesadaran menabung pada siswa akan bertambah.

 

Gambar 1. Sesi 1 Kelas Kreativitas

Pada sesi kedua, kelas kreativitas dilaksanakan pada level 6. Kelas kreativitas diisi dengan membuat boneka tangan dari paper bag. Boneka ini dibuat menggunakan kertas asturo dan origami. Kami memberikan contoh berupa Langkah-langkah dalam membuat boneka ini dan siswa-siswi mengikuti kami secara step-by-step. Setelah itu, siswa-siswi diminta untuk menghias boneka tersebut sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Gambar 2. Sesi 2 Kelas Kreativitas

Pada sesi ketiga, kelas kreativitas dilaksanakan pada level 3 dan 4. Kelas kreativitas pada sesi ini diisi dengan membuat boneka Jepang. Kami mencontohkan cara membuat boneka tersebut secara step-by-step dan siswa-siswi mengikuti dan menghiasnya sesuai dengan kreativitas masing-masing.

Gambar 3. Sesi 3 Kelas Kreativitas

Pada kelas kreativitas sesi ke-4, kelas diisi dengan menggambar dan menghias. Tingkat kesulitan di kelas kali ini disesuaikan dengan level, karena kelas kreativitas kali ini dilaksanakan pada level 1 dan 2 maka kami memilih menggambar dan mewarnai pada sesi kali ini. Tema menggambar dan mewarnai kali ini berkaitan dengan Hari Pahlawan mengingat pada pelaksanaan kelas tersebut berdekatan dengan Hari Pahlawan.

Gambar 4. Sesi 4 Kelas Kreativitas

Pembelajaran daring yang telah berjalan cukup lama mengharuskan siswa belajar mandiri. Pelajaran seni sulit untuk dilakukan sendiri karena keterbatasan alat, bahan, dan tenaga pengajar. Sehingga dengan diadakannya kelas kreativitas, siswa-siswi merasa senang. Selain itu, kami mendapatkan kesan yang positif dari guru, Kepala Sekolah, dan orang tua murid. Mereka berharap program ini dapat diadakan secara rutin.

SIMPULAN

Pelaksanaan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret 2021 di SD Muhammasiyah Kedungbanteng 1 telah dilaksanakan dengan baik. Salah satu program kerja unggulan dalam kegiatan ini yaitu Kelas Kreativitas sebagai Upaya dalam Mengatasi Kejenuhan Siswa di Masa Pembelajaran Daring. Program kerja ini bertujuan untuk mengatasi kejenuhan siswa-siswi dalam pembelajaran daring sekaligus mewadahi kekreativitasan siswa. 

Dalam program kerja ini mahasiswa mengadakan kelas kreativitas denga peserta murid SD Muhammadiyah Kedungbanteng 1. Dengan adanya program kerja ini selain menghilangkan kejenuhan siswa di masa pembelajaran daring juga untuk mewadahi kekreativitasan siswa. Pelaksanaan program kerja ini mendapatkan respon yang baik dari guru, Kepala Sekolah, dan orang tua murid.

 

DAFTAR PUSTAKA

Unit Layanan KKN-PK Universitas Negeri Yogyakarta. 2021. Buku Panduan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tahun 2021. Yogyakarta.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun