Mohon tunggu...
Hadi Santoso
Hadi Santoso Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Pencerita. Pewawancara.

Pernah sewindu bekerja di 'pabrik koran'. The Headliners Kompasiana 2019 dan 2020. Nominee 'Best in Specific Interest' Kompasianival 2018. Saya bisa dihubungi di email : omahdarjo@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Koeman dan Pelajaran "Kenal Dekat Tak Selalu Bisa Jadi Rekan Kerja Oke"

28 Oktober 2021   10:19 Diperbarui: 28 Oktober 2021   17:10 884 19 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ronald Koeman dipecat Barcelona usai kekalahan dari Rayo Vallecano di Liga Spanyol (28/10)/(AFP/Patricia De Melo Moreira/Kompas.com)

Kabar yang diyakini hanya tinggal menunggu waktu itu akhirnya datang pagi tadi: Klub top Spanyol, FC Barcelona, akhirnya resmi mengakhiri kerja sama dengan pelatih asal Belanda, Ronald Koeman.

Masa kerja Koeman di klub yang pernah dibelanya semasa menjadi pemain, berakhir usai Barcelona kalah 0-1 dari Rayo Vallecano di Estadio de Vallecas, Rabu (27/10) malam waktu setempat atau Kamis (28/10) dini hari waktu Indonesia.

Kekalahan dari Vallecano itu rupanya membuat manajemen Barcelona sudah habis kesabaran. Koeman (58 tahun) dipecat.

Ketika pada akhir pekan kemarin Barcelona kalah 1-2 dari rival abadi, Real Madrid, di laga el clasico, Koeman masih diberi perpanjangan nafas.

Meski, seusia laga, Koeman yang meninggalkan stadion Camp Nou dengan mengendarai mobilnya, sempat dicegat suporter Barcelona yang sebal. Mereka menyuarakan desakan agar Koeman segera dipecat.

Namun, kekalahan ketiga dari 10 pertandingan dan hanya menang empat kali, membuat petinggi Barcelona terbuka matanya. Bahwa, Koeman bukan orang yang tepat untuk memimpin Barcelona di era baru usai kepergian pemain ikonik mereka, Lionel Messi.

Koeman menjadi salah satu pelatih Barcelona dengan masa kerja pendek. Dia hanya bertahan satu tahun dua bulan sejak diumumkan menjadi pelatih Barca pada 19 Agustus 2020 silam.

Seharusnya, dia memiliki kontrak berdurasi dua tahun hingga 30 Juni 2022 mendatang atau minimal hingga kompetisi musim 2021/22 ini usai.

Koeman cinta Barcelona, tapi cinta saja tidak cukup

Padahal, Koeman sangat cinta Barcelona. Demi bisa melatih klub yang pernah dibelanya selama enam tahun (1989-1995) itu, dia bahkan rela meninggalkan Timnas Belanda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan